Productivity 11 Kesalahan Fatal Dalam Internet Marketing

Published on Agustus 9th, 2017 | by Eka Julianto Arif

0

11 Kesalahan Fatal Dalam Internet Marketing

Ketika Anda baru pertama kali memulai bisnis dengan metode internet sebagai memasarkannya sudah pasti Anda akan kebingungan dalam melihat begitu ketatnya persaingan di dunia digital marketing. Jika Anda ingin memenangkan persaingan tersebut ada baiknya Anda mempersenjatai diri dengan baik dan benar.

Mungkin artikel ini bisa membantu Anda untuk lebih mawas diri agar tidak terjebak dalam strategi asal yang Anda dapatkan di internet ketika Anda mencarinya. Maka dari itu saya akan membocorkan 11 Kesalahan Fatal Dalam Internet Marketing.

Membuat Website Tanpa Perencanaan

Semua pebisnis yang asal ikut teman rata-rata hanya ikut-ikutan saja dalam membangun sebuah website. Bukan karena termotivasi secara antusias dengan baik. Bisa dibilang perencanaan secara membabi buta.

Masih ingat ketika saya mengikuti salah satu bisnis Network Marketing di Jakarta, ketika itu sang Leader berkata kepada saya agar promosi secara membabi buta. Saya ikuti cara beliau tersebut, namun apalah daya ujungnya kecewa dan gagal.

Untuk itulah perencanaan yang baik dan matang harus Anda miliki ketika membangun bisnis dengan metode internet sebagai pangsa pasarnya. Dengan perencanaan yang baik pula Anda akan memangkas biaya promosi yang membabi buta tersebut dengan sebuah website.

Bisa dengan membangun website blog yang Anda rawat dan diisi konten marketing yang baik. Yang dengan hal tersebutlah bisa meningkatkan personal branding Anda. Kemudian para pengunjung baru Anda mengetahui tentang Anda. Dengan begitu penjualan Anda meningkat yang menghemat biaya promosi yang mahal di banner jalan.

 

Membuat Website Yang Jelek dan Sulit Menavigasikannya

Penelitian mengenai konsumen online menunjukan bahwa pengunjung yang datang ke website Anda hanya butuh waktu sekitar 10 detik di awal saja. Jika website Anda terlihat jelek dan tidak profesional maka mereka akan pergi dan tidak akan kembali lagi.

Bisa dipastikan kesempatan emas itu hilang selamanya. Mereka akan menilai Anda, produk Anda bahkan layanan perusahaan Anda dalam sekejap. Untuk itulah Anda harus menanamkan kesan baik kepada mereka sebagai tamu bagi website Anda.

Jangan jejali pop up iklan tidak jelas bahkan tidak bisa di close untuk menutup pop up tersebut yang berujung di close pula website Anda. Apalagi jika pembaca dibuat ribet dengan navigasi baca selanjutnya ke 1, 2, 3, 4, 5 dan seterusnya. Itupun bagi saya tidak baik. Mengapa tidak di full kan saja dalam satu laman yang baik agar pengunjung nyaman dan tidak menunggu loading lagi.

 

Tidak Melakukan Riset Terhadap Pesaing dan Pasar

Penting sekali sebagai pemula di dunia digital marketing untuk meriset kompetitor dan pasar agar produk Anda laku terjual keras. Anda melihat kompetitor tersebut bukan berarti Anda harus sama dengan mereka, itu namanya plagiat nantinya.

Pebisnis musiman pun melakukan hal yang sama yaitu ikut-ikutan trend masa kini dan menjual produk tersebut tanpa riset pasar terlebih dahulu. Yang berujung hanya musiman saja penjualannya, tidak menjadi produk yang evergreen.

Enaknya Anda ketika masuk ke dunia ini Anda tidak perlu repot mencarinya, di internet sudah tertanam untuk meriset pasar yaitu dengan Tools yang disediakan google yaitu Google Sugestion, Google Trends dan Google Keyword Planner. Jika Anda tidak mengetahuinya, di artikel nanti saya akan buatkan khusus untuk pengunjung saya disini.

 

Gagal Menulis Copywritting Yang Efektif

Membahas tentang copywritting identik dengan gaya bahasa penawaran yang jitu, yang dapat menyihir pengunjung mau membeli produk Anda. Mungkin Anda harus membaca ebook karya Dewa Eka Prayoga yang jago tentang Copywritting. Bisa Anda download disini: DOWNLOAD EBOOK.

 

Gagal Membuat List Email Marketing

Jika Anda bertanya apa kunci sukses para internet marketing dunia yaitu List Email. List email ini menjadi salah satu teknik list building tertua yang selalu ampuh dipakai. List email ini pula yang bisa mengkonversi pengunjung menjadi pembeli produk Anda.

Ingin belajar lebih lanjung tentang list building email marketing bisa ikuti Full Tutorialnya disini.

 

Kurang Strategi Untuk Menarik Pengunjung

Banyak yang salah kaprah, ketika Anda mulai membuat website Anda pertama kalinya Anda akan diam saja. Disuatu saat nanti web Anda akan dikunjungi oleh banyak orang. Itu amat sangat mustahil di dapatkan.

Website itu ketika pertama kali Anda membuatnya bagaikan warung yang berada di padang pasir yang luas atau bagaikan warung yang berada di gang yang orang tidak tahu keberadaannya.

Maka dari itu dibutuhkan strategi yang jitu agar pengunjung tidak hanya tahu tentang website Anda, melainkan pelanggan setia yang bolak-balik mampir ke website Anda untuk melihat update terbaru dari sana.

Anda harus membaca Tips Blogging dari saya disini: Blogging Tips.

 

Tidak Membangun Team dan Rekan Kerja

Bagi pebisnis internet pemula mungkin berfikiran semua bisa dikerjakan sendiri, untung sendiri dan lainnya serba sendiri. Tapi hasilnya nol dengan sendirinya. Sekarang ini ada banyak cara agar Anda bisa memiliki team yang mau memasarkan produk Anda.

Bisa Anda jual produk Anda di Tokopedia, atau jika produk Anda digital bisa Anda jual di Indonesia Affiliate yaitu IDAFF dan Marketplace lainnya. Kesemuanya ada system yang mau membantu menjualkan produk Anda, karena pengunjung website mereka tinggi. Jadi sudah pasti akan ada penjualan.

Bukan hanya itu, Anda juga akan menghemat biaya lainnya dengan membangun team dengan Marketplace tersebut dengan aliansi strategi Joint venture. Juga dengan system affiliasi dan reseller secara online.

Masa depan dari digital marketing akan didasari oleh orang-orang yang bekerja secara bersama-sama dengan orang lain. Maka itu rubah pola fikir Anda dengan mengikuti strategi ini.

 

Gagal Follow Up Prospek dan Konsumen

Kebanyakan pengusaha online pemula tidak menciptakan suatu sistem untuk menindak lanjuti prospek dan konsumen mereka. Prospek bisa membeli ke Anda ketika Anda terus memfollow up mereka agar mereka ingat yang berujung membeli produk Anda. Konsumen yang mengabaikan halaman penawaran Anda akan membeli ke tempat lainnya.

Sekarang ini banyak sistem online yang bisa membantu Anda dalam hal memfollow up calon pelanggan Anda atau prospek Anda. Jadi Anda bisa terus berkomunikasi dengan mereka secara mudah dan gampang. Tidak seperti zaman dahulu yang menggunakan sistem surat menyurat yang membutuhkan waktu lama dan tidak otomatis.

 

Tidak Menggunakan Sosial Media

Pengunjung sosial media amat sangatlah cepat. Anda bisa melihat ketika berita cepat sekali menjadi viral jika sudah tersebar di sosial media. Penggunanya sosial media seperti Facebook saja bisa mencapai angka 1,7 Milyar pengguna. Bisa Anda lihat disini http://tekno.kompas.com/read/2016/10/20/17062397/jumlah.pengguna.facebook.di.indonesia.terus.bertambah

Target pasar inilah yang akan menjadi sasaran yang harus Anda gunakan pula untuk strategi Digital Marketing Anda. Jangan diam apalagi cuek melihat hal ini.

 

Tidak Menggunakan Kombinasi Pemasaran Offline dan Online

Banyak para pebisnis pemula yang fokus salah satunya saja. Padahal keduanya amat sangat penting, karena banyak pula yang mencari informasi melalui offline seperti koran, brosur, dan media cetak lainnya.

Maka itu gunakanlah strategi offline juga untuk meningkatkan pengunjung ke website Anda. Seperti Anda membuat kaos yang terdapat link website Anda yang bisa terbaca oleh orang yang bertemu dengan Anda. Bukan hanya itu Anda bisa membuat kartu nama yang berisi kontak yang bisa dihubungi baik hp, maupun link website Anda. Bisa Anda pasang di kartu nama Anda.

 

Gagal Melakukan Pengukuran Hasil Campaign Anda

Hasil iklan haruslah ada. Karena ada harga yang harus Anda bayar, seperti waktu, energi, dan uang. Kesemuanya harus menghasilkan agar Anda tidak tekor.

Jika Anda berada di dunia pemasaran, Anda mungkin mengenal istilah Anda tidak bisa mengembangkan apa yang tidak Anda ukur. Mengukur hasil yang Anda dapatkan memudahkan Anda untuk memperbaiki atau menghentikan apapun yang tidak berjalan dengan baik.

Anda perlu mengukur jumlah pengunjung unik ke website Anda, rate konversi, berapa banyak orang yang mengunjungi halaman penawaran Anda, berapa banyak yang membeli produk Anda. Dan lain sebagainya yang kesemua itu butuh test ide-ide baru agar bekerja dengan baik supaya memperoleh hasil maksimal.

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet

Tags: , , , , , , ,


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+