Blogging Tips 6 strategi blogging

Published on Agustus 22nd, 2017 | by Eka Julianto Arif

3

6 Strategi Menulis Blog Yang Harus Anda Ketahui

Menulis artikel sebenarnya gampang-gampang susah, tergantung niat Anda. Jika memang Anda berniat serius ingin membangun blog Anda agar menjadi sebuah blog yang profesional dan expert, maka Anda harus serius menjadwal postingan blog Anda secara kontinyu dan konsisten.Jangan hanya Anda menulis ketika mau saja apalagi hanya mengikuti perasaan Anda. Ketika lagi semangat menulis, Anda kemudian menulis bahkan setiap hari Anda menulis. Tapi ketika rasa jenuh dan malas datang Anda bahkan tidak mengupdatenya bisa lebih dari 3 bulan.

Apakah nanti para pengunjung Anda akan malas berkunjung lagi ke blog Anda nantinya???

Dengan alasan itulah Anda harus tahu beberapa strategi yang akan saya berikan di postingan kali ini. Agar strategi ini bisa menjadikan Anda selalu konsisten merawat blog Anda agar ramai yang berkunjung.

Salah satu strategi blog menurut spokal adalah sebagai berikut.

Plan ( Buat Rencana )

Langkah awal dalam membuat strategi blog yang efektif adalah rencana penerbitan postingan Anda. Sehingga Anda tahu apa yang akan Anda katakan, kapan mengatakannya dan hal-hal yang harus Anda lakukan. Yang kemudian Anda akan tahu apa yang Anda lakukan untuk menyelesaikan rencana Anda tadi.

Banyak blogger membuat postingan blog sesuai dengan keinginannya saja. Ketika mereka ada ide baru mereka menulis, sedangkan jika tidak ada ide maka blog mereka tidak diperbaharui selama beberapa waktu.

Dan kemudian isi dari blog mereka tidak direncanakan sebelumnya, maka postingan mereka menjadi bercampur aduk sesuai ide yang muncul saja saat itu. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda menganggap blog ini seperti Anda adalah sebuah majalah atau koran… Atau bisa kita sebut blog gado-gado. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜……

Untuk mengatasi hal tersebut berikut ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, yaitu :

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet

Pilih topik yang ingin Anda tampilkan di blog Anda

Topik yang akan Anda bahas, menentukan konten-konten yang akan Anda tulis. Anda dapat memilih topik sesuai dengan keahlian Anda dan fokuslah akan hal tersebut. Jangan tergoda untuk menulis topik-topik di luar keahlian Anda walaupun rasanya menarik untuk dituangkan dalam ide pemikiran Anda.

Jika Anda kehabisan ide dalam menulis konten untuk blog Anda, maka Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu melihat tulisan artikel kompetitor Anda. Dan pelajari mana konten-konten yang menarik dan disukai oleh banyak orang. Kemudian Anda berikan pendapat Anda dengan menulis topik yang berkaitan.

Seberapa sering Anda akan melakukan posting

Menulis 2 kali dalam seminggu sudah merupakan hal yang efektif bagi Anda yang baru memulai suatu blog. sehingga Anda hanya perlu mempersiapkan 8 konten saja dalam satu bulan. Atau jika masih terlalu banyak Anda bisa mulai dengan 4 konten dalam waktu satu bulan.

Usahakan memposting konten pada waktu yang sama, karenaย  google menyukai konsistensi.

 

Research ( Penelitian )

Pada setiap ide dan topik yang Anda buat di tahap perencanaan Anda harus temukan kata kunci yang tepat untuk difokuskan pada setiap postingan. Dan tambahkan 1 atau 2 fakta penting dari sumber yang terpercaya sehingga akan menaikkan otoritas Anda.

 

Write ( Mulai Menulis )

Pada tahap ini mulailah menulis, jangan khawatir dengan apa yang Anda tulis. Tulislah terlebih dahulu dan jangan di edit, ketika Anda telah selesai menulis, silahkan Anda baca sekali lagi dan perbarui apa yang bisa ditingkatkan.

Gunakan format penulisan yang sama sehingga Anda tidak perlu bingung dalam menulis artikel.

 

Upload ( Terbitkan Tulisan Anda )

Pada tahap ini, silahkan Anda terbitkan tulisan Anda. Tidak perlu khawatir apa reaksi yang akan diberikan oleh pembaca Anda. Jadilah diri Anda sendiri!!

 

Promote ( Promosikan Tulisan Anda )

Jangan lupa untuk mempromosikan tulisan yang Anda terbitkan tadi. Karena apapun tulisan Anda, jika tidak dipromosikan Anda akan kehilangan kesempatan menarik jumlah pengunjung ke blog Anda. Anda dapat mempromosikannya dengan menambah plugin sosial media pada setiap artikel Anda.

Saya juga sering mempromosikan artikel saya di facebook ads seperti screenshot contoh dibawah ini:

facebook ads

Atau Anda bisa mempromosikannya via Facebook Ads atau PPC Adwords atau PPC lokal. Jika Anda belum faham Cara Promosi Facebook Ads bisa Anda baca Artike ini : Cara Mudah Promosi Facebook Ads.

 

Measure ( Ukur Efektifitas Tulisan Anda )

Bagian terakhir adalah selalu ukur efektifitas tulisan Anda, lihat apa komentar yang di dapatkan, berapa banyak orang yang membagikan tulisan Anda, dan bagaimana keterikatan pembaca Anda dengan Anda.

 

Seperti itu 6 strategi yang harus Anda ketahui, silahkan di share via tombol share dibawah ini. Because sharing is caring. Jangan lupa ikut ecourse belajar bisnis internet bersama eka via email. Daftarkan secara GRATIS di ratusan member yang telah bergabung disana.

Jika Anda belum memiliki blog bisa Anda ikuti full tutorial blogger newbie disini : Blogger Newbie. Terima kasih.๐Ÿ˜Š

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet

Tags: , , , , , , , , , ,


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



3 Responses to 6 Strategi Menulis Blog Yang Harus Anda Ketahui

  1. Poin terakhir yang sering saya abaikan. Karena saya sendiri tidak punya tolak ukur, bahkan sering mengabaikan komentar atau jumlah share. Terlalu sibuk dengan memikirkan artikel selanjutnya.

  2. Pingback: Content adalah Pondasi Utama Blogger Yang Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+