http://www.bisniseka.com/blogger-newbie/


Productivity 8 trik hasilkan closing lebih mudah

Published on September 30th, 2017 | by Eka Julianto Arif

0

Menghasilkan Closing Dengan Mudah : 8 Trik Ampuh

Artikel kali ini berjudul Cara Menghasilkan Closing Setelah Pembeli Yakin. Bayangkan, proses closing sekarang menjadi lebih mudah. Bayangkan, menghasilkan penjualan sudah tidak sulit lagi.

Asikkk bukan?

Membayangkannya aja udah senang banget. Apalagi pas sudah ngerasain. Iya kan?

Tapi tahu gak? Untuk sampai di proses ini, butuh proses, butuh tahapan yang harus dilalui.
Ga bisa asal jualan. Ga bisa asal instan selling. Instan selling? Iya instan selling, itu tuh, kalau udah ada materi promo, ngebettt pengennya langsung nyebar iklan. Hahaha
Yukkk ubah cara bermainnya..

Ubah cara jualannya. Kini saatnya kita menggunakan teknik yang elegan. Ingat di bahasan sebelumnya. Perlu adanya proses PDKT. Baru deh closing jadi jauh lebih mudah.

Proses meyakinkan calon pembeli di artikel sebelumnya bertujuan untuk mengubah pembeli yang ragu menjadi pembeli yang yakin. Nah, materi ini, saya mau ajak Anda untuk naik level. Naik level selanjutnya untuk membuat proses closing menjadi lebih cepat, menjadi lebih besar, menjadi lebih banyak.

Gimana caranya? Mau dunkkk..

yuk yukkk, ikut saya terapkan materi dibawah ini.

 

8 TRIK MEMPERCEPAT CLOSING

Trik ini secara khusus untuk menolong teman-teman agar proses closing menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Saya sudah menerapkan semua teknik dibawah ini, dan hasilnya ngeriii. Closing menjadi lebih cepat. Nahh yuk kita pelajari beberapa tekniknya.

LIMITASI

Karakter dasar konsumen atau mungkin manusia pada umumnya, adalah suka menunda. Seringnya nanti-nanti, seringnya entar-entar. Benar kan? Nah trik ini menjadi salah satu solusi untuk mempercepat pembelian oleh konsumen.

Trik ini sederhana, kita tinggal menginfokan ke calon pembeli kita bahwa periode promonya terbatas. Misal ketika Anda akan membuat program promosi atau program pre order, infokan secara jelas, kapan promo dimulai dan kapan promo berakhir.

Ketika si konsumen sudah kenal dan yakin dengan Anda maupun produk Anda, menginfokan periode promo ini akan membuat proses closing bisa lebih cepat.

Anda hanya perlu menginfokan secara jelas ketika berkomunikasi dengan calon pembeli, bahwa periode promo yang berlaku terbatas.

 

PRICING

Entah kenapa, mau itu pembeli menengah kebawah atau pembeli dari kalangan menengah atas tetap aja suka jika ditawarkan harga diskon. Nah cara ini bisa menjadi cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat closing.

Konsep pricing ini bisa berbagai macam. Anda bisa menerapkan beberapa caranya sbb:

  • Cashback : Potongan di akhir.
  • Potongan diskon : Potongan harga dengan persentase.
  • Voucher : mirip cashback tetapi diterapkan di awal.
  • Harga Coret : Info display harga normal diberi coretan sehingga keluar harga disc.

Beberapa hal diatas bisa Anda terapkan untuk mempercepat closing. Oya,, baiknya pakai yang mana ya? Tidak ada aturan khusus, karena pada dasarnya tergantung dari segmen market dan jenis produk yang dijual.

Anda bisa menerapkan teknik ini secara bervariasi di periode promo yang berbeda. Jadi jika ada 3 promo, tidak harus melulu pakai promo diskon. Mungkin ada yang promo voucher atau promo cashback.

 

MOMENTUM

Cara ini sederhana banget. Jadi begini, saya pernah bereksperimen. Dari dua kelompok pembeli yang sudah yakinkan dengan kelebihan produk yang akan saya tawarkan. Ada satu kelompok yang tidak membeli, ada satu kelompok yang membeli.

Padahal kedua kelompok tersebut sama-sama sudah kenal dan yakin dengan saya maupun produk saya.

Tahu tidak yang membedakannya apa?

Jadi, yang membedakannya adalah saya bereksperimen, kelompok yang pertama saya tawarkan produk pas tanggal tua, kelompok berikutnya saya tawarkan pas tanggal muda. Hehehe.

Nah pelajarannya apa? Inilah yang namanya MOMENTUM

Mungkin banyak yang sudah paham, tapi entah kenapa, seringkali banyak pebisnis pemula tidak menerapkan hal ini.

Ingat, mau itu pembeli udah yakin seyakin-yakinnya, tapi kalau tidak punya daya beli karena kantong lagi tipis pas tanggal tua, tetap aja closingnya ga mudah. Iya kan? 😊😊

Anda perlu menetapkan periode tanggal promo, terutama manfaatkan tanggal muda untuk mempermudah terjadinya closing.

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet

SCARCITY

Apa itu scarcity?

Scarcity adalah kelangkaan. Salah satu cara yang terbukti mempercepat pembelian konsumen. Biasanya setelah pembeli yakin, tetap saja ada penundaan pembelian. Misalnya nunggu bulan depan, nunggu tanya suami dulu dan lainnya.

Nah hal-hal penundaan diatas bisa diatasi salah satunya dengan cara menerapkan teknik scarcity ini. Cara penerapan praktisnya bisa dilakukan sebagai berikut:

Produk tersedia terbatas, misal hanya 1.000 pcs..
Produk diproduksi terbatas, untuk 100 tercepat..
Hanya untuk 50 pembeli yang melakukan DP paling awal..
Dan lain sebagainya.

Anda bisa menerapkan berbagai modifikasi cara dengan tujuan untuk mempercepat pembelian oleh calon pembeli.

Pastikan bahwa produk yang Anda jual memang memiliki karakteristik sebagai produk yang spesial dan tidak pasaran agar teknik ini bisa bekerja efektif.

 

FEARNESS MOTIVATION

Pernah dengar istilah ini?

“Senin harga naik”

Saya yakin banyak dari kita yang sering dapat promo ini. Benar bukan?

Atau sering dengar, “besok harga naik”

Mungkin banyak dari kita yang menertawakan cara ini, karena sering dipakai sebagai joke. Tapi tahukah Anda, cara ini masih terbukti ampuh untuk mempercepat terjadinya penjualan.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan cara menginfokan bahwa harga yang berlaku saat ini tidak berlangsung lama dan akan ada kenaikan harga menjadi harga normal.

Ketika Anda menerapkan cara ini, pastikan tanggal kenaikan ini sudah diketahui oleh para calon pembeli.

 

AFTER SALES

Pada dasarnya konsumen yang yakin tetap masih punya keraguan jika kita tidak bisa menginfokan bahwa produk yang kita jual memiliki layanan sales yang baik.

Seringkali yang terjadi adalah kita tidak punya layanan ini. Ujung-ujungnya, udah diyakinkan bagaimanapun, tetap saja si calon pembeli gak jadi beli.

Lalu apa yang harus kita lakukan?

Misalnya jika Anda adalah menjualkan layanan jasa pembuatan web, maka Anda perlu info tentang adanya layanan bantuan customer service jika ada keluhan atau pertanyaan.

Anda perlu menginfokan secara jelas tentang layanan ini di berbagai media promo yang akan Anda sebar.

 

VALUE ADDED

Ada satu hal yang menarik ketika saya menjalankan bisnis online beberapa tahun belakangan ini. Ternyata ada karakteristik pembeli yang lebih suka membeli produk yang menawarkan value added. Yang lucunya, tidak sedikit pembeli yang mengejar value addednya dibanding produknya.

Apa itu value added?

Value added atau dalam bahasa Indonesia adalah nilai tambah merupakan suatu hal yang kita berikan ke konsumen sebagai tambahan dari suatu pembelian produk. Nah biasanya penerapan praktisnya adalah dengan memberikan bonus. Bonus ini seringkali mempercepat closing calon pembeli. Apalagi kalau bonusnya menarik.

Anda bisa memberikan info bonus kepada calon pembeli dengan berbagai cara. Misalnya bonus berupa hadiah atau bonus berupa layanan tambahan.

 

GUARANTEE

Salah satu cara mempercepat closing lainnya adalah dengan memberikan garansi. Garansi ini punya tujuan penting yaitu menyempurnakan keyakinan calon pembeli. Seringkali yang menjadi keraguan ketika akan membeli suatu produk adalah tidak adanya garansi.

Teknik ini penting terutama untuk produk yang terbilang masih baru dan belum dikenal.

Penerapan praktis dari teknik ini adalah dengan memberikan label garansi di kemasan promo, media publikasi ataupun perlu diinfo saat promo dikomunikasikan.

Langkah sebelum itu pastikan bahwa produk yang kita tawarkan memang berkualitas. Kuncinya ada di kontrol kualitas (quality control). Sehingga garansi yang kita tawarkan membantu menyempurnakan keyakinan pembeli dan produk yang sudah dibeli konsumen memang terbukti handal.

Anda hanya perlu menginfokan secara jelas tentang garansi yang berlaku untuk produk Anda. Misalnya garansi berlaku berapa lama, yang diberikan garansi untuk komponen produk apa dan sebagainya.

Nah seperti itu sharing untuk artikel kali ini, jangan lupa ikut ecourse belajar bisnis internet secara gratis via email dan dapatkan Tips Bisnis Internet secara mendalam disana bersama ratusan member yang telah tergabung secara gratis… Jangan lupa share via tombol share di bawah ini agar teman-teman Anda tahu dengan info ini yah..

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+