Bisnis Online

Published on Agustus 6th, 2016 | by Eka Julianto Arif

0

9 Tips Kurangi Resiko Gagal Berbisnis

Sekarang ini banyak sekali bermunculan bisnis-bisnis baru dan banyak juga yang gulung tikar bisnisnya. Di negara kita tercinta ini pola fikir mengenai wiraswasta/usahawan perlahan sudah berubah. Mungkin karena kebutuhan akan hidup lebih baik juga mungkin karena apa-apa serba naik. Menjadikan masyarakat beralih menjadi pebisnis. Ada yang masih sampingan menjalaninya, ada juga yang full time.

Percayalah perjalanan menjalankan bisnis tidaklah mudah. Tak semudah membalikkan tangan anda. Semuanya membutuhkan proses dan pembelajaran. Ada kalanya kita akan merugi dan ada kalanya untung besar.

Oleh sebab itu ini ada 9 tips untuk mengurangi resiko gagal berbisnis:

  1. Jangan banyak berfikir dan menunda bisnis anda
    Kebanyakan dari teman-teman saya ingin memiliki bisnis/usaha tapi banyak mikirnya. Menurut saya ketika kita banyak mikir maka kita akan tersingkir. Ketika orang lain sudah melangkah dari awal, kita masih dibelakang. Berfikir boleh saja, tapi jangan kelamaan. Nanti kapan mulainya, malah nanti akan tertunda saja. Yang akan menjadikan angan-angan lalu saja.
  2. Buat rencana bisnis
    Buatlah rencana bisnis anda, mau berbisnis apa? Apakah bisnis ayam, bisnis baju, sepatu, pakaian bayi, bisnis online, dan lain sebagainya. Jika diperlukan untuk mensurvey prospek bisnis yang bagus silahkan saja. Segeralah bertindak setelah semua rencana dibuat.
  3. Berani ambil resiko rugi
    Jangan hanya mau untungnya saja. Semua pengusaha/pebisnis pasti mengalami yang namanya RUGI.  Agar anda belajar, bagaimana bisa bangkit kembali ketika terjatuh rugi. Harus berani, karena setiap segi kehidupan akan mengandung resiko. Seperti disebutkan di buku karya Rangga Umara, The Magic of Dream BOOK, disana disebutkan Rezeki=Resiko. Jika kita tak mau ambil resiko berarti kita akan meninggalkan rezeki yang besar.
  4. Posisikan masalah sebagai pembelajaran dan tantangan
    Jika dipertengahan jalan anda mengalami masalah janganlah langsung mengkambing hitamkan masalah tersebut. Posisikan masalah itu untuk pembelajaran. Dan jadikan itu semua tantangan bagi perubahan pola fikir anda lebih dewasa, agar anda mencari solusi bagi masalah yang terjadi. Jika anda bisa menemukan solusi bagi permasalahan bisnis anda. Anda akan lebih tahu dan sigap jika terjadi masalah-masalah baru yang akan muncul nantinya.
  5. Evaluasikan bisnis anda
    Disetiap segi bisnis haruslah ada evaluasi, agar bisnis berkembang tidak monoton. agar bisnis anda memiliki banyak cabang.  Agar anda bisa meng “On” kan bisnis anda, bukan anda meng “In” kan bisnis anda. Dan evaluasikan selalu omset anda kenapa bisa menurun.
  6. Selalu optimis
    Jadi pebisnis haruslah selalu optimis bukan menjadi pebisnis yang pesimis. Harus optimis jika suatu saat nanti anda akan menggapai tangga kesuksesan nantinya.
  7. Berinovasi
    Inovasi itu merupakan kunci pegangan anda yang paling utama dalam menjalankan bisnis anda nantinya. Jika tidak berinovasi maka anda akan tertinggal oleh saingan anda.
  8. Nomor satukan kreativitas
    Jadilah seorang pengusaha yang selalu kreatif, berwawasan luas, berfikir “out of box”. Be Creative!!!
  9. Rumus “7Y”
    Apa sih 7 Y itu? 7Y adalah Yakin,Yakin,Yakin,Yakin,Yakin,Yakin,dan Yakin. Itu menurut Ippho Santosa didalam bukunya..hehehehe Menurut saya keyakinan sajalah yang akan membuat keajaiban yang bisa mengalahkan logika kita yang rumit.

 

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+