Bisnis Online

Published on Agustus 11th, 2016 | by Eka Julianto Arif

4

Apa Itu Dropship?

Dropship adalah salah satu bisnis internet yang amat sangat digandrungi. Mengapa? Selain mudah dan murah, bisnis ini bisa langsung di kerjakan tanpa harus memikirkan stok produk.

Untuk pengertian dropship itu sendiri adalah bisnis berbentuk kerjasama antara pemilik produk (vendor) dengan penjual (makelar) atau biasa disebut dropshipper.

Dimana anda tidak perlu memikirkan yang namanya stok produk. Kan biasanya seorang penjual harus memikirkan yang namanya stok produk. Kalau tidak ada stok produk, gimana mau menjual barangnya? Wong stoknya ndak ada? Betul tidak?

Disinilah gunanya ikut bisnis dropship yaitu menjual barang tanpa produk. Jika anda memiliki modal sedikit atau tak memiliki modal satu peserpun.

Ilustrasi dropship yaitu sebagai berikut:

alur dropship

Alur Dropship

Udin adalah seorang distributor sepatu. Kemudian anda tertarik menjualkan sepatu si Udin. Maka setelah itu Anda bekerja samalah dengan si Udin.

Tugas Anda hanyalah menjualkan produknya si Udin, dan si Udin tugasnya menyediakan dan mengirimkan produknya ke konsumen.

Ketika anda memasarkan produk udin, kemudian ada yang tertarik membeli produk anda. Misalnya si Ani berminat membeli produk anda (padahal Itu produk udin). Melalui tangan anda memberitahukan bahwa produknya udin terjual oleh anda.

Anda telah menjualkan produk udin dengan melebihkan harga yang ditetapkan si udin. Misalnya harga dari si Udin 150ribu, dan anda menjualkan nya ke konsumen seharga 200ribu. Berarti anda mendapatkan keuntungan 50rb. Begitu pula si udin mendapatkan keuntungan karena produknya terjual.

Setelah itu udin mengirimkan produknya atas nama anda, tanpa diketahui konsumen. Konsumen hanya tahu itu produk anda. Begitulah sekiranya system dropship itu.

Kebanyakan dropship hanya terdapat di internet, amat jarang system dropship dilakukan di dunia nyata/ offline. Bisa saja ada tetapi mungkin harus benar-benar saling percaya.
Dropship ini sangat cocok untuk pemula yang baru terjun ke bisnis online.  Kenapa? Sebab modalnya relatif kecil dan resikonya juga kecil. Anda hanya perlu alat komunikasi seperti (hp,dan media sosial) untuk mempromosikan produk dropship Anda.

Selain itu Anda tidak perlu menyetok produk, sehingga resiko kerusakan produk akan ditaggung oleh vendor. seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya.
Bagaimana supaya bisa berjualan online dengan menggunakan metode dropship?

  1. Carilah Vendor

    Yang pasti Anda harus mencari vendor/penyedia produk yang bisa Anda ajak bekerja sama.Vendor bisa Anda cari melalui rekomendasi teman, atau Anda yang mencarinya melalui internet (lewat Facebook, Twitter, ataupun forum-forum juga di google).

    Selain hanya mencari anda diharuskan mempercayakan penuh terhadap vendor agar mengirimkan barang yang benar-benar berkualitas dan tak rusak, karena jika tidak nama baik anda yang akan tercoreng sebagai penjual.

    Hubungan antara Anda dengan vendor juga harus baik, retak sedikit saja maka bisa-bisa bisnsis dropship Anda terancam.

  2. Dapatkan Informasi Yang Cukup Tentang Produknya

    Jangan asal main jual saja tanpa mengetahui informasi produknya. Nantinya yang akan berhubungan dengan pembeli kan anda.Jika pembeli menanyakan info detail produk bagaimana?? Masa anda nanti jawabnya tidak tahu? Kan aneh jadinya…

Sudah siap berbisnis dropship? Silahkan cari vendor dan produknya….

 

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



4 Responses to Apa Itu Dropship?

  1. Guadrop says:

    Vendor memang menjadi salah satu yang harus di pastikan kredibilitasnya. karena jika kita memilih vendor yang asal asalan malah nanti akan merugikan olshop kita sendiri. bukannya untung malah olshop kita bisa di cap jelek cuman gara gara vendor yang tidak profesional

  2. Ingin punya penghasilan sampingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+