Bisnis Online

Published on Agustus 11th, 2016 | by Eka Julianto Arif

1

Apa Sih Blog?

Ada salah satu teman saya bertanya, ketika kami sedang asyik mengobrol dan saya sedang asyik mengetik artikel.

Dan dia bertanya apa sih Blog Ka?
Wah zaman sekarang yang berteknologi canggih dan berbagai macam smartphone bertebaran, masih saja ada yang belum tahu tentang Blog.

Saya juga sebagai orang awan bingung juga mengartikan blog itu apa. Agak bingung juga menjelaskan ke teman saya tersebut.

Karena kepikiran yah jadi saya search deh di Mbah Google.  Dan cari-cari di perpustakaan kecil saya akhirnya ketemu tentang apa itu Blog.

Pada awalnya, kata blog dipakai kependekan dari Weblog, yaitu istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pda bulan Desember 1997.

Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di update secara kontinyu dan berisi link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Jorn Barger

Jorn Barger (Pinterest)

Roger Yim seorang kolumnis San Frasisco Gate, pada Februari 2001, menulis bahwa sebuah bog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di internet.

Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada Mei 1999 menyimpulkan bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link, tapi kurang instrospektif daripada sebuah diary yang disimpan di internet.

Kata blog berasal dari kependekan weblog.  Menjadi penulis Blog, pengelola blog, atau menambahkan artikel pada blog yang sudah ada disebut “blogging“.

Artikel pribadi didalam blog disebut sebagai “blog post“, “post“,”entries“. Seseorang yang memasukan tulisan ini disebut “blogger“.

Sebuah blog adalah perpaduan teks, hyperteks, gambar, dan link (link ke web lain atau video, audio dan file lainnya).

Blog menggunakan dokumentasi konversasional.  Seringkali blog terfokus pada topik tertentu, seperti apa yang terjadi dengan politik dunia.

Beberapa blog membicarakan pengalaman pribadi. Demikian definisi blog menurut www.wikipedia.org.
Jika diambil secara garis besarnya seluruh definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa blog adalah sebuah sarana tulis-menulis tempat semua orang bebas mengekspresikan apa yang ingin disampaikan dan tulisan tersebut dapat dilihat oleh semua pengguna internet.

 

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



One Response to Apa Sih Blog?

  1. Pingback: Ketahui Monetize Dari Blog | Bisnis Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+