Tips Bisnis

Published on Januari 5th, 2017 | by Eka Julianto Arif

4

Bedah Website

Website maupun blog suatu hal yang harus Anda miliki jika Anda hendak bermain dalam kancah bisnis Online. Sekarang ini sangat mudah untuk membuat sebuah web maupun blog, karena banyak sekali tutorial-tutorial di internet yang menyediakannya.

Atau Anda juga bisa mengikuti privat-privat belajar membuat web atau blog yang tersedia di internet. Jangan lupa di cek terlebih dahulu, karena banyak sekali privat abal-abal yang tak bertanggung jawab. Hanya untuk mengeruk uang Anda saja, tanpa menjadikan Anda lihai membuat web atau blog.

Jika Anda sudah memiliki sebuah web atau blog, Anda harus membedah blog/web Anda. Bukan di acak-acak, melainkan di cek agar banyak pengunjung yang datang ke blog/web Anda secara alami bukan dari promosi Anda pribadi.

Enak mana, pengunjung yang datang secara alami tanpa promosi?

Atau pengunjung yang datang hanya dari promosi?

Pastinya, Anda menyukai yang alami karena pengunjung murni dari search Engine. Ketika Anda tidak melakukan promosi ataupun update blog anda.

Pertama-tama harus Anda ketahui dulu bahwa sumber datangnya pengunjung ada banyak cara (trafik pengunjung).

Jika Anda pernah melihat laporan di alat Google Analytics, maka akan terlihat 4 sumber utama Trafik Pengunjung, yaitu :

Sumber Direct

Pengunjung yang datang langsung karena sudah tahu alamat situs kita (pengunjung lama), atau pengunjung yang membaca salah satu postingan kita tanpa perantara situs lain.

 

Sumber Organic Search

Pengunjung yang datang dari hasil pencarian di mesin pencari, dalam hal ini kita berpatokan dari mesin pencari google. Pengunjung ini akan datang terus menerus (organik) ke situs kita meskipun kita sedang tidak bekerja. Pengunjung ini sangat cocok dengan situs kita, karena datang dari hasil pengetikan orang dengan kata kunci tertentu di google.

 

Sumber Referral

Pengunjung yang datang ke situs kita dari perantara situs lain, dikenal dengan istilah backlink.

 

Sumber Sosial

Pengunjung yang datang dari beberapa media sosial yang pernah kita singgahi dengan membuat status, dan lainnya. Diantaranya Facebook, Google Plus, Twitter, Instagram, dan lainnya. Kita harus aktif online membuat status atau promosi di sosial media agar pengunjung datang ke situs kita. Pengunjung yang datang dari Iklan “Facebook Ads” termasuk dalam kategori sumber sosial ini.

Seperti diawal saya sebutkan, pengunjung organik lebih nyaman untuk pertumbuhan web nantinya.

Silahkan Login dengan email gmail Anda melalui link www.google.com/webmasters/tools 

Periksa Nilai Google Index Anda

Coba Anda perhatikan nilai Google Index (GI) situs Saya kecendrungannya menaik sejak tgl 31 Juli 2016 sampai sekarang (dari jumlah GI 202 menjadi 329). Mari periksa…

Ayo kita lakukan test fetch as google dengan menekan menu Crawl, lalu pilih Fetch as Google sebagai berikut:

Klik Crawl => Fetch as Google => FETCH AND RENDER. Ini artinya Anda meminta robot google datang sekarang juga untuk masuk ke situs Sobat dan menerjemahkan hasilnya.

 

Silahkan tekan tombol Request Indexing.

Tekan Go agar situs Anda diindex ulang.

Hasilnya menunjukkan status Partial & berwarna hijau.

Hasil yg bagus sebenarnya menunjukkan status : Complete.

Jika statusnya Partial masih lumayan karena statusnya berwarna hijau.

Yang bermasalah adalah kalau statusnya Failed atau Redirect atau ada simbol berwarna merah. Bisa jadi itu karena pengaruh Hosting yg sedang bermasalah atau masalah template website yg menghambat datangnya robot google.

Dari info Fetch as Google di atas, didapat kesimpulan bahwa penurunan nilai Google Index (GI) bukan disebabkan masalah server atau template website. Bisa jadi injeksi file dari hacker, File-file tersebut menyebabkan jumlah halaman atau jumlah Google Index bertambah secara tidak natural.

Jika laporan GI situs Anda menunjukkan grafik yg naik alias tidak menurun, maka tidak perlu melakukan fetch as google di atas.

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



4 Responses to Bedah Website

  1. cara lihat yang dari google analitic itu bagaimana ya om, kok saya gak ada 3 menu diatas itu? ditunggu komenbacknya om

  2. Mas info nya. sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+