Bisnis Online

Published on November 3rd, 2016 | by Eka Julianto Arif

1

Cara Meningkatkan Personal Branding Untuk Bisnis Internet

Pada awalnya branding dalam dunia bisnis diperuntukkan untuk memperkenalkan merk kepada  pasar yang membedakannya dengan produk lain. Kini, branding juga sama pentingnya diaplikasikan pada tingkat personal, karena itu dinamakan dengan personal branding.

Personal branding secara umum adalah membangun image yang menonjolkan nilai lebih Anda kepada partner bisnis, klien, investor, konsumen, dan juga target pasar maupun para pemangku kepentingan lainnya.

Diartikel sebelumnya telah saya kupas tentang Pentingnya Personal Branding Untuk Bisnis Internet

Dunia bisnis internet saat ini di Indonesia sudah semakin maju dalam arti makin banyak dan ketat persaingannya antar pengusaha. Tujuan akhir dari personal branding dalam bisnis internet tentu saja untuk menarik klien dan konsumen sebanyak-banyaknya serta membuat usaha Anda lebih diminati dibandingkan bisnis pesaing.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk memulai membangun personal branding untuk kemajuan bisnis internet?

Image Seperti Apa Yang Ingin Anda Bangun?

Mulailah melihat diri Anda sebagai produk dengan image tertentu, apakah ingin dikenal sebagai pebisnis yang bisa dipercaya, pebisnis yang mudah untuk diajak bekerja sama, atau pebisnis yang lihai dalam melakukan strategi-strategi internet marketing?

Membangun image yang paling mudah adalah dengan fokus pada nilai kelebihan Anda, buatlah daftar dan jadilah orang itu. Membangun personal branding bukan berarti menjadi orang lain, personal branding yang palsu tidak akan bertahan lama karena Anda sendiri akan kesulitan untuk mempertahankan pribadi yang dibuat-buat.

Tetaplah pada karakter diri Anda sendiri, tunjukkan apa yang Anda ingin orang lihat dari diri Anda dan bukan apa yang orang harapkan secara umum.

Manfaatkan Sosial Media

Langkah pertama untuk membangun personal branding yang profesional dimulai dari mengaudit postingan dan status semua sosial media yang Anda miliki.

Hal apa saja yang jadi perhatian Anda di sosial media akan dinilai oleh banyak orang yang mencari dan menemukan nama Anda di situs mesin pencari. Anda juga bisa mencoba untuk mengetik nama Anda sendiri di situs mesin pencari untuk melihat pandangan orang lain terhadap diri Anda dan juga bisnis internet yang Anda jalankan.

Dari sini Anda bisa mengukur apa yang harus diperbaiki dan apa yang menjadi nilai lebih Anda di mata orang lain.

Satu Jalan Dengan Brand Produk

Berhentilah untuk memposting hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan personal branding Anda. Sadar atau tidak banyak orang yang memiliki ketertarikan dengan bisnis Anda akan memantau apa yang Anda bagikan kepada network Anda melalui sosial media ataupun situs pribadi.

Setiap postingan yang Anda bagikan membawakan pesan bahwa inilah kepribadian Anda, inilah cara pandang Anda terhadap sesuatu, inilah hal-hal yang bisa menarik perhatian Anda.

Jika memang tidak ingin terlalu kaku dalam bermain sosial media atau blogging, Anda bisa memisahkan akun yang memperlihatkan sisi Anda sebagai pengusaha dan sisi Anda sebagai manusia awam.

Libatkan Diri Pada Brand Yang Sudah Terbangun

Maksudnya adalah Anda bisa “menumpang” memperlihatkan diri pada sebuah brand yang sudah terbangun untuk memperkuat personal branding Anda. Yang paling mudah adalah dilakukan di tempat Anda belajar, rekan bisnis atau rekan kerja, dan juga di perusahaan.

Perguruan tinggi biasanya membuka pintu bagi para alumninya untuk berkontribusi dalam operasional kampus misalnya menulis artikel di bulletin yang sesuai dengan bidang Anda, maupun terlibat dalam agenda alumni kampus.

Personal branding dalam bisnis internet tidak hanya ditujukan kepada pihak luar namun juga secara internal. Buat mereka yang bekerja pada Anda percaya dengan kepemimpinan Anda dalam mengembangkan usaha bisnis internet.

Cara termudah membangun personal branding di bisnis internet adalah dengan List Building, ingin tahu caranya?

Baca disini Personal Branding Dengan List Building

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



One Response to Cara Meningkatkan Personal Branding Untuk Bisnis Internet

  1. Pingback: Pentingnya Personal Branding Untuk Bisnis Internet | Bisnis Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+