Bisnis Online

Published on Desember 8th, 2016 | by Eka Julianto Arif

6

Trik Ampuh Mudahnya Menulis Content Marketing Dan Anda Juga Bisa Menggunakannya

Dalam pemasaran bisnis internet pasti Anda pernah mendengar istilah Content Marketing atau Konten Marketing. Dari segi tata bahasanya telah jelas sekali Content atau Konten yaitu sebuah ulasan yang berupa informasi, bisa berbentuk gambar infografik, podcast (rekaman audio), video, post sosial media, webinar dan ebook/buku.

Sedangkan Marketing sendiri berarti strategi memasarankan suatu produk agar terjadi penjualan, sales, atau menjadikan calon pembeli menjadi loyal membeli produk Anda.

Jika dipadukan menjadikan istilah Content Marketing berarti Suatu strategi memasarkan suatu barang atau jasa dengan trik memberikan informasi terlebih dahulu, baik berbentuk gambar infografik, artikel, rekaman audio, video juga ebook agar menjadikan target calon pembeli menjadi pelanggan setia yang loyal membeli produk Anda.

Konten marketing sudah menjadi perbincangan bagi para internet marketing, juga para pebisnis lainnya. Karena model pemasaran yang lama itu terkesan tradisional.

Mengapa?

Karena semua orang sudah bosan melihat iklan promosi dan mereka juga bosan di jadikan target pemasaran. Betul??

Itulah mengapa Anda harus tahu apa itu lebih lanjut mengenai konten marketing. Selain alasan diatas Anda harus beberapa alasan yang harus Anda pelajari mengenai Konten Marketing. Yaitu:

Mudah dan Murah

Karena sekarang untuk membuat sebuah konten marketing rata-rata menggunakan penyajian informasinya memakai internet sebagai sarananya.

Ketika Anda membuat konten berupa artikel informatif kepada calon pelanggan, Anda hanya membutuhkan sarana sebuah website atau laman Facebook.

Dan itu lebih mudah juga murah daripada Anda memasang sebuah banner iklan di jalan atau pasang iklan di tv yang akan menghabiskan biaya lebih mahal.

 

Branding Produk Lebih Kuat, Bagus dan Cepat

Karena dengan kemajuan teknologi memasarkan konten marketing Anda bisa dilakukan dengan adanya tools-tools yang tersedia di internet. Jika Anda mengetahuinya pasti Konten marketing Anda akan cepat tercapai target penjualan. Untuk tools-tools konten marketing bisa Anda baca diartikel nanti saya akan updatekan.

 

Tersebar Dengan Cepat

Karena konten marketing ini berbasis teknologi internet memungkinkan konten Anda akan cepat tersebar bagaikan virus.

Sudah tak dipungkiri lagi kenapa cepat tersebar?

Karena ketika Anda mengeposkan konten marketing Anda ke Internet, peluang untuk dilihat oleh para pengguna internet terbuka lebar.Saya dapatkan info bahwa pengguna Internet untuk orang Indonesia saja menepati peringkat 4 se Asia. Cek saja di sini: http://katadata.co.id/grafik/2016/01/13/indonesia-peringkat-4-pengguna-internet-asia .

kata-data-info

Maka dari itu jika Konten marketing Anda menarik dan juga menjawab kebutuhan mereka yang akan dijadikan solusi atas masalah yang terjadi bagi mereka. Itu akan menjadikan mereka yang tadinya sebagai pembaca berubah menjadi konsumen setia yang loyal terhadap Anda.

 

Mudah Terhubung

Dengan terciptanya Konten Marketing Anda di internet sudah pasti Anda memasarkannya bisa melalui email, dan share media sosial yang akan menjadi viral ketika para penggunanya menshare kembali ke teman-temannya.

Ini akan menjadikan konten marketing Anda terhubung satu dengan lainnya. Tanpa anda bersusah payah menyewa jasa iklan, seperti yang telah saya singgung dipoint sebelumnya.

Selanjutnya, setelah Anda mengetahui empat alasan harus mempelajari Konten Marketing, Anda harus baca lebih lanjut bagaimana cara membuat Konten Marketing yang baik.

Sebelum lebih lanjut Anda harus mengetahui Dua jenis Konten Marketing dari segi tujuannya,

  1. Konten Marketing Langsung Jualan
    Yaitu konten yang dibuat untuk langsung memasarkan sesuatu produk sehingga pengunjung web atau blog Anda langsung disuguhi dengan berbagai penawaran-penawaran produk.Seperti yang saya lakukan di www.profitecover.com pengunjung langsung disuguhi halaman penawaran produk dan tata cara order produk.
  2. Konten Marketing Edukasi
    Pengunjung akan disuguhi dengan memberikan pemahaman baru bagi pembaca, tetapi ada unsur promosinya. Hanya sedikit unsur promosinya, jadi Anda harus memberikan edukasi kepada pengunjung Anda.Seperti contoh saya membuat sebuah konten marketing berupa artikel yang bertujuan mengedukasi kepada pengunjung yang kemudian diakhir artikel saya selipkan link untuk promosi. Sama halnya seperti edukasi gigi yang dilakukan oleh iklan pepsodent di televisi anda.contoh-content-marketing-bisnisekacom
    Sama halnya yang dilakukan oleh web mebiso.com yang diakhir artikel marketingnya menyelipkan link promosi produk berupa jasa pembuatan toko online, lihat contoh gambarnya dibawah ini.mebiso-bisnisekacom

Trik Mudah Menulis Content Marketing

Sebenarnya telah dijelaskan diatas Content itu bukan hanya berupa artikel, banyak yang menyangka konten itu sama dengan artikel. Padahal tidak, karena Content bisa berupa:

  • Gambar Infografik
  • Podcast (rekaman audio)
  • Video
  • Post sosial media
  • Webinar
  • Ebook/buku
  • Study Kasus
  • Template
  • Artikel Blog
  • Slide Persentasi

Oleh karena orang umunya hanya tahu konten berupa Artikel Blog, Video dan Post sosial Media. Jadi saya memilih trik mudah membuat content marketing berupa Artikel Blog. Bagaimana langkah mudahnya.

  1. Buatlah sebuah blog

    Karena konten marketing berupa artikel pada umumnya memakai blog. Jika Anda belum bisa membuat blog bisa Anda download GRATIS ebook saya DISINI=> Link Ebook Gratis

  2. Pastikan Desain Blog Anda Baik

    Desain yang baik yaitu desain blog yang memiliki tampilan yang nyaman dan profesional. Anda bisa menggunakan template-template yang tidak banyak efeknya, seperti efek burung terbang dan lainnya.
    Standard saja dengan menampilkan background yang putih dan warna teks hitam. Jangan sampai mencolok mata pengunjung yang membacanya, seperti background blog Anda merah dan warna tulisannya kuning.
    Selipkan gambar yang sesuai tulisannya, seperti pada blog biasanya jika menuliskan artikel pasti menyertakan gambarnya agar membuat pengunjung lebih enak membaca artikel Anda.

  3. Buatlah Judul Artikel Yang Menarik

    Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk memberikan judul artikel yang menarik, yaitu

    • Tawarkan Banyak Cara
      Caranya yaitu dengan memberikan Angka di artikel yang akan Anda buat, misalnya seperti artikel saya yang ini : 7 Cara Mudah Berpromosi Online Agar Cepat Laku
      Karena para pengunjung mencari sesuatu di internet yaitu agar mendapatkan solusi bagi permasalannya. Itu akan menarik perhatian pengunjung untuk membaca artikel Anda.
    • Tunjukan Langsung Solusi Di Judul Artikel
      Misalkan Anda mempromosikan produk pelangsing badan, bisa Anda tuliskan Judul Artikelnya seperti ini: ” Inilah 7 Cara Mudah Melangsingkan Badan Anda Agar Cepat Sixpack”.Disana terdapat kata “Inilah 7 Cara Mudah” yang memberikan kesan solusi bagi pengunjung yang mengalami masalah kegemukan dan ingin sekali berbadan sixpack.
    • Beri Kesan Mudah
      Karena biasanya pada umumnya orang hanya ingin yang mudah-mudah saja. Seperti contoh artikel saya  7 cara Mudah Berpromosi Online Agar Cepat Laku
    • Gunakan Kata-Kata Menarik Perhatian
      Kata-kata yang menarik perhatian semua orang biasanya kata Dahsyat, Jitu, Ampuh, Efektif, Keren dan yang terakhir yang banyak orang suka yaitu GRATIS… Gunakanlah kata-kata tersebut agar menarik pengunjung untuk lebih menekankan agar membaca artikel marketing Anda.
  4. Buatlah Content Artikel Marketing Yang Mudah Dipahami

    Sebuah artikel yang mudah dipahami pasti akan banyak sekali pengunjung yang membacanya juga mengunjunginya. Ini ada tiga tips mudah agar artikel Anda mudah di pahami:

    • Tulislah Artikel Seperti Anda Berbicara Langsung
      Ketika Anda menuliskan artikel marketing bagaikan berbicara langsung membuat kesan Anda menghargai mereka yaitu para pembaca/pengunjung blog Anda.
    • Jangan Menggunakan Istilah Asing
      Ubahlah istilah asing yang Anda mengerti menjadi lebih umum, misalnya eye catching menjadi mencolok, cool menjadi keren. Walaupun kita kebanyakan rada ke inggris-inggrisan tetapi usahakan jangan, apalagi konten anda bertopik kedokteran yang orang awam tidak paham banyak istilah-istilah kedokteran.
    • Pakai Kata ” Anda” dan “Karena”
      Seperti tersebut di atas dengan menggunakan kata “Anda” itu akan membuat diri anda merasa dekat dengan pengunjung. Dan mengapa harus karena? Karena setiap manusia sudah ditakdiran memiliki sikap untuk mencari alasan dari segala sesuatu. Ini akan memberikan alasan bagi mereka untuk terus membaca Konten artikel Marketing Anda.
  5. Kemas Konten Artikel Marketing Secara Menarik

    Anda harus mengemas Konten Marketing Anda dengan menarik supaya pengunjung betah untuk membaca konten artikel anda. Bagaimanakah caranya?

    1. Jelaskan dari awal ” Kenapa Content Ini Harus Dibaca? ” dengan begitu mereka akan tahu alasan bahwa mereka harus membaca artikel Anda, seperti yang telah saya bahas sebelumnya.
    2. Berikanlah contoh nyata berupa study kasus yang membuat pembaca menyukai artikel marketing Anda. Study kasus itu bagaikan menceritakan hal nyata bahwa konten promosi Anda terbukti berhasil bagi si A, si B, Si C. Semua orang suka akan contoh nyata.
    3. Tunjukan beberapa masalah bagi si pembaca yang kemudian berikan pula solusi. Ketika pengunjung mengetahui permasalahannya mereka pasti akan  merasa khawatir jika terjadi sesuatu apda dirinya. Nah di saat yang sama pula Anda memberikan Solusi setelah menyampaikan permasalah mereka. Solusi itulah berupa produk Anda yang akan menjadi Pahlawan Bagi Mereka.
    4. Gunakan kata-kata yang sesuai target Anda, jika target pembaca atau pengunjung Anda remaja gunakanlah kata-kata yang sesuai umuran pembaca.
    5. Jangan fokus jualan tetapi berikanlah manfaat yang sebanyak-banyaknya. Karena setiap orang tak mau dijadikan target jualan.

Sekian dan terima kasih sudah membaca dan berkunjung, jangan lupa dishare via tombol share dibawah ini.

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



6 Responses to Trik Ampuh Mudahnya Menulis Content Marketing Dan Anda Juga Bisa Menggunakannya

  1. Untuk menggunakan podcast (rekaman audio) biar lebih bagusnya menggunakan apa ya biar suaranya bagus dan tidak bising

  2. Keep up the wonderful work, I read few content on this website and I think that your weblog is rattling interesting and
    has sets of wonderful info. http://laceydentist.blogspot.com/

  3. Pingback: Kenali Beberapa Jenis Usaha Online Bagi Pemula | Belajar Bisnis Internet | Pengusaha Modal Kecil | Bisniseka.com

  4. Pingback: Strategi Membuat Content Marketing yang Menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+