Productivity 5 Trik Desain Call-To-Action Yang Benar Dalam Menghasilkan Leads

Published on Agustus 29th, 2017 | by Eka Julianto Arif

0

5 Trik Desain Call-To-Action Yang Benar Dalam Menghasilkan Leads

Call To Action atau biasa disingkat CTA adalah salah satu elemen terpenting dalam menulis surat penawaran atau Landing Pages. Sebuah copywritting pun memerlukannya, jika tidak adanya CTA maka Anda tidak akan pernah menghasilkan leads untuk mengkonversi penjualan.

Betul??

Jika CTA yang Anda sajikan lemah, maka pembaca atau target pasar Anda hanya akan menikmati tulisan saja tanpa ingin memiliki dan membeli produk Anda. Amat disayangkan bukan??

Maka dari itu Anda harus mendesain CTA Anda agar terlihat meyakinkan dimata mereka. Jangan sampai mereka kecewa dan malas melanjutkan transaksi.

Percayalah, desain CTA ternyata berpengaruh besar dalam meningkatkan konversi bagi bisnis Anda terutama Anda bermain di bidang bisnis internet. Mulai dari bentuk, warna juga tulisan yang terdapat di dalam tombol CTA tersebut haruslah dapat menghipnotis pembaca Anda.

Jika Anda belum bisa mendesain sebuah Leads Magnet maupun Landing Page atau halaman penawaran, ada baiknya Anda lihat Panduan ini : http://www.bisniseka.com/PanduanBootstrap

Bagaimana trik desain CTA yang menarik? Mari kita ulas bersama disini.

Bentuk Tombol

Pernahkah Anda melihat seorang internet marketer pemula yang mendesain bentuk tombol CTA yang abstrak?

Menurut mereka sih agar terkesan heboh dan terlihat keren. Atau Anda pernah melihat tombol CTA yang memiliki sudut yang tajam seperti persegi panjang, persegi dan lainnya?

Akan lebih baik jika Anda menggunakan sudut bulat atau jika dalam kode css disebut border radius nya. Tujuannya agar terlihat seperti tombol yang bisa di klik.

Pakailah ukuran yang cukup tidak terlalu besar dan kecil. Yang terpenting jelas dan disesuaikan dengan keterangan tulisan yang ada di dalam tombol tersebut. Anda bisa lihat screenshot dibawah ini yang agak kurang menarik bagi saya pribadi untuk mengisi tombol CTA nya.

5 Trik Desain Call-To-Action Yang Benar Dalam Menghasilkan Leads

Ini terkesan kurang rapi dan profesional karena mendesain terlalu kelebaran yang tidak ada batas padding dan marginnya untuk Form Nama dan alamat emailnya. Nah untuk Tombol CTA nya pun demikian, sedikit lebih kecil agar terlihat seperti tombol.

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet

Coba Anda bandingkan, ketika saya membuat tombol CTA dan leads magnet agar orang mau mengisi Leads mereka. Contohnya ada dibawah ini.

5 Trik Desain Call-To-Action Yang Benar Dalam Menghasilkan Leads

Coba Anda bisa melihat, bagaimana margin dan padding tersebut pas dan nyaman dilihat. Dan ketika melihat tombol CTA nya pun berwarna merah seperti tombol pada umumnya.

Warna Tombol

Sesuaikan dengan background dan jangan terlalu mencolok agar tidak pedih di lihat oleh mata sang pengunjung. Jangan pula sampai wananya bertabrakan dengan warna backgoundnya.

Misalnya, ketika background nya biru, Anda membuat CTAnya dengan warna kuning atau warna biru lagi. Waduh ini akan menambah parah dan membuat desain Anda terlihat tidak profesional.

5 Trik Desain Call-To-Action Yang Benar Dalam Menghasilkan Leads

Memang dari segi copywritting bagus dan menarik, namun disini yang terlihat Aneh adalah mengapa background harus biru dan tombolnya ikut biru apalagi tidak adanya margin sama sekali untuk memberikan batas.

Coba backgroundnya digunakan warna putih dan tombol biru saja. Pasti menarik dan terlihat profesional. Atau tombolnya jangan terlalu besar dan cukup isi dengan kata-kata Download Sekarang! atau Download Gratis!!.

Anda bisa melihat kemasan CTA yang lebih menarik dibawah ini. Berbeda jauh bukan?

5 Trik Desain Call-To-Action Yang Benar Dalam Menghasilkan Leads

 

Penempatan Tombol

Tujuan dari CTA adalah menekan tombol atau memerhatikan tombol. Maka posisinya harus lebih menonjol.

Tombol CTA juga harus cukup besar untuk dapat memudahkan ketika disentuh pada ponsel,namun juga jangan terlalu besar karena dapat merusak keseluruhan desain.

5 Trik Desain Call-To-Action Yang Benar Dalam Menghasilkan Leads

Berikan tanda panah jika memang memerlukannya agar pengunjung melihat dan memperhatikan tombol tersebut.

Anda harus membuatnya dengan jelas secara sekilas tindakan (action) apa yang Anda inginkan untuk dilakukan oleh pengunjung website Anda. Bila Anda menempatkan tombol tersebut di bagian halaman website Anda tanpa perlu scroll ke bawah (above the fold), para pengunjung akan melihat tombol tersebut.

Menurut info dari DigitalMarketer.Id bahwa Para pengunjung suatu website menghabiskan hampir 80 persen dari waktu mereka di bagian above the fold, sehingga Anda akan menangkap orang-orang yang siap untuk bertindak segera tanpa memaksa mereka untuk membaca atau menyaring konten terlebih dahulu untuk menuju ke tombol tersebut.

Berikut ini adalah contoh penempatan yang pas untuk tombol CTA.

5 Trik Desain Call-To-Action Yang Benar Dalam Menghasilkan Leads

 

Tulisan

Setelah selesai membuat tombol, Anda harus memikirkan keterangan apa yang akan Anda tulis di dalam tombol tersebut.

Tulisan disini berfungsi sebagai informasi yang dibutuhkan oleh pembaca atau target pasar Anda.

Pilih kata yang mewakili informasi yang Anda berikan. Jangan gunakan kata atau kalimat yang terlalu panjang, karena hal ini bisa membuat pembaca atau target pasar Anda jadi malas melanjutkannya.

Gunakanlah frasa yang mudah dipahami dan menjual. Misalnya Dapatkan Sekarang Juga, Mulai Sekarang, dan lainnya.

Sebuah studi menemukan bahwa tingkat konversi 90 persen lebih baik jika menggunakan bahasa orang pertama, misalnya, “Start my free trial” dengan “Start your free trial”.

Selain itu, hanya menambahkan kata “sekarang” untuk tombol CTA dapat meningkatkan konversi, karena hal tersebut dapat menciptakan tingkat urgensi yang lebih.

5 Trik Desain Call-To-Action Yang Benar Dalam Menghasilkan Leads

Anda bisa lihat contoh diatas pada tombol CTA nya yaitu dengan adanya kata Me atau aku/saya. Berarti jika Anda melakukan ini maka pengunjung akan merasa dihargai.

Karena setiap orang memiliki sifat ke Aku-an yang tinggi. Anda bisa membaca Buku How To Win Friends and Influence People karya Dale Carnegie. Hal tersebut bisa Anda praktekan ke halaman CTA Anda.

Oke berikan komentar Anda, karena Eka Julianto Arif amat sangat antusias melihat komentar Anda. Dan jangan lupa ikuti ecourse GRATISnya untuk sharing bisnis internet via email.

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+