Email Marketing

Published on Oktober 13th, 2016 | by Eka Julianto Arif

1

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Email Marketing

Internet menjadi salah hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini. Banyak fungsi dan kemudahan yang didapat masyarakat dari internet. Salah satunya untuk berkomunikasi.

Email merupakan salah satu alat yang banyak digunakan untuk berkomunikasi melalu dunia maya saat ini. Tapi, bila dilihat dari kacamata bisnis, email juga bisa digunakan sebagai senjata andalan untuk mempromosikan produk atau bisnis.

Caranya adalah dengan email marketing.

Email marketing bila diartikan secara sederhana adalah memasarkan produk atau bisnis melalui email. Tapi, proses untuk melakukannya tidak sesederhana ini. Email biasanya digunakan untuk berkomunikasi secara ringkas dan padat.

Memang, lebih panjang daripada fasilitas Chatting Online.

Tapi, tidak sepanjang surat konvensional yang biasa digunakan. Bila harus berkomunikasi dengan lebih banyak kata, seperti penulisan dokumen, maka dikirimkan dengan cara dilampirkan.

Untuk proses marketing atau pemasaran, konsep singkat, padat dan jelas ini perlu dipertahankan dan diperhatikan. Bila tidak, maka email yang dikirim pemilik bisnis untuk memasarkan produk atau layanan mereka kepada konsumen akan dipandang sebagai spam atau email sampah.

Dan, tindakan yang diambil oleh konsumen biasanya adalah menghapus atau melaporkannya sebagai tindakan mengganggu.

Dan, penyedia layanan email akan melakukan pemblokiran terhadap pengirim email tersebut, yang tentunya sangat merugikan karena pemilik bisnis tidak bisa lagi mengirimkan email promosi bisnis mereka.

Jenis promosi yang dikirimkan juga harus tepat sasaran. Jadi, pemilik bisnis tidak dapat langsung mengirimkan email promosi kepada siapa saja. Sekali lagi, email ini akan dianggap mengganggu dan dimasukkan dalam kategori spam.

Untuk menghindari hal ini, biasanya pemilik bisnis online akan melakukan survei terlebih dahulu. Melalui website dimana mereka memasarkan produk atau layanan mereka, akan ada tawaran untuk pengunjung dan pembeli untuk mendapatkan newsletter atau kabar berlanjut mengenai produk atau layanan pada bisnis online tersebut.

Dan, hanya untuk pembeli yang menyetujuinya saja yang akan mendapatkan informasi terbaru melalui email mereka ini. Ditambah lagi, konten atau isi promosi juga harus mudah dimengerti.

Hanya dengan beberapa kalimat dan gambar, pesan dari promosi bisnis yang dilakukan harus mampu ditangkap dan dimengerti dengan mudah oleh pembeli atau calon konsumen yang menerima email tersebut.

Yang menjadi masalah disini adalah mengirimkan email kepada banyak orang agar promosi produk atau layanan bisnis tersebut berhasil. Ini tentunya akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga, apalagi bila bisnis tersebut mempunyai jaringan pemasaran yang luas.

Bisa dibayangkan, bila ada 100 ribu orang pembeli yang harus dikirimi email promosi secara rutin, maka hal tersebut hampir mustahil dilakukan.

Disinilah muncul penyedia layanan email marketing yang menggunakan alat atau software khusus untuk mengirimkan email secara otomatis kepada pembeli potensial tersebut.

Pemilik bisnis yang menggunakan software ini hanya perlu menentukan isi dari email promosi yang akan dikirimkan. Alat tersebut akan secara otomatis mengirimkan email tersebut ke banyak pembeli, tidak peduli seberapa banyak jumlah pembeli tersebut.

Alat seperti ini juga bisa digunakan untuk melacak dan mendeteksi kondisi demografis pembeli, sehingga pemilik bisnis bisa menentukan cara yang tepat untuk promosi mereka.

Dan juga menentukan produk seperti apa yang cocok untuk pasar tersebut. Dapat dikatakan, bila pemilik bisnis online dapat memanfaatkan email marketing dengan tepat dan optimal, maka hal ini akan menjadi salah satu cara terbaik mengembangkan bisnis mereka menjadi lebih besar.

Silahkan Disimak Video Dibawah Ini Tentang Rahasia Email Marketing Yang Membuat Para Pebisnis Internet Mendapatkan Income Yang Longterm:

http://www.bisniseka.com/rahasia-email-marketing/

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet

Tags: , , ,


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



One Response to Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Email Marketing

  1. Pingback: Keuntungan Dan Kerugian Strategi Soft Selling

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+