Tips Bisnis

Published on Oktober 19th, 2016 | by Eka Julianto Arif

0

Ini Dia Cara Promosi Toko Online Paling Efektif dan Murah

Berjualan melalui toko online saat ini menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

Toko online itu sendiri merupakan toko virtual yang digunakan untuk memudahkan sekaligus memfasilitasi transaksi pembelian antara konsumen dengan penjual secara virtual sehingga transaksi jual beli dapat dilakukan lebih cepat tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Jadi transaksi dapat dilakukan ketika kedua belah pihak terhubung melalui internet.

Memiliki toko online tidak sama dengan toko offline.

Pelanggan dari toko tersebut dapat berasal dari mana saja, bahkan dari luar negeri. Jadi target pasar yang dibidik lebih luas dan potensi keberhasilannya juga lebih besar.

Salah satu kendala dalam usaha toko online adalah kepercayaan konsumen dan pesaing.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memenangkan persaingan tersebut adalah melalui promosi.

Semakin baik cara promosi yang dilakukan, maka toko online yang dijalankan akan semakin berkembang dan mendapatkan konsumen lebih banyak.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan promosi toko online agar penjualan semakin meningkat.

Memperkenalkan Toko Online Kepada Teman dan Kerabat

promosi-1

Kenalkan toko online Anda kepada teman – teman maupun kerabat.

Promosi tersebut dapat dilakukan baik dengan menggunakan media elektronik seperti BBM, Whatsapp, Line, maupun promosi dari mulut ke mulut. Sesuaikan promosi tersebut dengan target pasar yang dituju.

Contohnya jika toko online Anda menjual barang – barang untuk wanita, maka promosikan ke semua teman dan saudara wanita Anda. Namun jika produk yang dijual adalah buku atau yang berkaitan dengan dunia pendidikan, promosikan toko tersebut kepada para pendidik, siswa, atau mahasiswa.

Menggunakan Brosur

brosur

Bagikan brosur tentang toko online Anda di tempat – tempat yang strategis seperti jalan raya, mall, pasar, atau lokasi lainnya yang sesuai dengan target pasar sehingga memungkinkan mereka agar lebih antusias dan tertarik untuk membeli produk yang dijual di toko online Anda.

Jika toko online Anda juga merupakan toko offline, Anda dapat menyertakan brosur setiap ada pembeli yang berbelanja barang di toko Anda. Brosur tersebut perlu disertai dengan alamat toko online, informasi koleksi, dan juga detail produk yang dijual. Brosur dapat dibuat dengan desain menarik untuk memikat para konsumen.

Media Sosial

medsos

Masyarakat saat ini sudah sangat familiar dengan media sosial dan bahkan selalu aktif di media tersebut setiap hari.

Media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Path, dan lainnya digunakan oleh berbagai kalangan dan berbagai usia. Ketenaran media sosial tersebut dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan toko online. Jika memiliki cukup modal, Anda dapat melakukan promosi berbayar.

Jika Anda memiliki modal terbatas, teknik promosi lainnya seperti membuat fanpage dan mencari teman yang sesuai target pasar Anda merupakan langkah yang patut dicoba.

Atau anda juga bisa ikut bergabung ke group-group facebook atau twitter yang erat kaitannya memiliki ketertarikan khusus terhadap produk yang akan anda jual. Selain itu, Anda juga dapat bergabung dengan grup di Facebook atau Twitter yang berkaitan dengan produk – produk yang Anda jual.

Menggunakan Situs Market Place

marketplace

Saat ini ada banyak sekali situs market place yang dapat digunakan untuk media promosi online.

Market place selain gratis juga dapat membantu meningkatkaan pengunjung di toko online dan meningkatkan penjualan di toko online Anda.

Beberapa situs yang dapat digunakan untuk promosi toko online di antaranya adalah Kaskus Forum Jual Beli, OLX, Bukalapak, Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Bisa anda gunakan cara diatas untuk promosi toko online anda, silahkan dishare dan terima kasih sudah berkunjung.

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+