Productivity Hindari 10 Kesalahan Seorang Penjual

Published on November 19th, 2017 | by Eka Julianto Arif

0

Hindari 10 Kesalahan Seorang Penjual

Seorang pebisnis yang profesional sudah pasti dahulunya ialah seorang penjual yang jempolan. Yang tahu trik dalam hal penjualan. Ketika Anda fokus dalam hal ini maka secara otomatis omset Anda akan meningkat. Maka itu fokuslah pada trik penjualan Anda bukan pada penghasilan Anda.

Jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang akan saya sebutkan dibawah ini yang saya dapatkan dari buku Rahasia Melipatgandakan Penjualan karya Tjahjo Harry Wilopo. Namun disana hanya disebutkan poin-poinnya saja tidak sampai detail.

Maka itu poin-poin tersebut akan saya jelaskan secara rinci lagi… Disimak yah sobatku..

Gagal Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

Banyak diantara para penjual hanya berfokus pada pelanggan baru bukan pada pelanggan lama. Justru lebih enak jika Anda menjual ke pelanggan lama. Karena mereka sudah percaya terhadap Anda dan membeli dari Anda bukan dari pesaing Anda.

Maka itu jangan sia-siakan kehadiran mereka sambil Anda fokus mencari pelanggan baru lainnya. Bagaimana caranya seperti Anda menghubunginya lagi via email ( saya sudah singgung ini di produk saya Marketing Expert Guide), Whatsapp, Telegram, Facebook dan lainnya.

 

Gagal Mengetahui Kebutuhan Pelanggan

Pilih mana Anda membuat produk untuk pelanggan atau produk itu pelanggan yang minta buatkan?

Saya lebih memilih untuk membuat produk sesuai permintaan atau kebutuhan pelanggan. Jadi lebih mudah menjual dengan orang yang butuh dibanding dengan yang gak butuh.

Misalnya ketika Anda butuh obat untuk mengobati batuk Anda yang berdahak, secara tidak langsung datang teman Anda menawari obat batuk berdahak yang Anda butuhkan.

Apakah Anda akan menolak begitu saja kesempatan itu? Sudah pasti Anda langsung ambil produk itu karena Anda sangat butuh obat tersebut.

Begitu pula dengan teknik jualan Anda kepada orang lain. Lihat apa yang mereka butuhkan..

Sudah pasti nanti Anda akan closing disana.

 

Berfokus Pada Diri Mereka Sendiri Bukan Pada Pelanggan

Kebanyakan para penjual apalagi pebisnis MLM ( Multi Level Marketing ), mereka berfokus dengan kelebihan-kelebihan yang mereka tampakkan. Seperti produknya oke, berlegalitas resmi pemerintah, pamer penghasilannya dan lain sebagainya.

Memang itu dibutuhkan, namun jika berlebihan orang akan muak dan malas untuk menyimaknya. Coba fokuskan kepada apa yang dibutuhkan pelanggan seperti yang saya sebutkan pada poin diatas tadi.

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet

 

Terlalu Banyak Bicara

Siapa sih yang gak sebal jika berhadapan dengan orang yang banyak bicara?

To the point dan langsung saja dan jadilah pendengar yang baik terlebih dahulu. Anda bisa membaca artikel sebelumnya tentang hipnotic writting, Hard Selling, Soft Selling dan lainnya silahkan Anda cari di blog ini.

 

Tidak Mendengarkan Apa Yang Dikatakan Pelanggan

Hampir sama seperti yang telah saya sebutkan diatas, jadilah pendengar yang baik. Saya pernah baca buku Karya Dale Carnegie tentang hal ini Bagaimana Cara Mencari Kawan Dan Mempengaruhi Oranglain. Bisa Anda baca itu sudah pasti nanti Anda bisa kenal banyak orang dengan mudah dan gampang. Apalagi jika dipraktekan di bisnis Anda…

 

Tidak Mengetahui Promosi yang Berlaku, Tawaran Khusus, Dan Harga Reguler

Penting sekali kita tahu tentang harga promo dan lainnya. Coba bayangkan jika Anda tidak tahu hari ini sedang promo sedangkan Anda memasarkan produk dengan harga normal. Nanti konsumen Anda akan kecewa jika tahu hal ini.

 

Tidak Bisa Membangun Pembeda Produk/Jasa/Perusahaannya Dengan Pesaing

Dengan mengetahui tentang pembeda antara produk/jasa Anda dengan pesaing Anda bisa untuk menjadi nilai tambah bagi pelanggan Anda.

Pelanggan Anda akan tahu bahwa dengan membeli produk lewat Anda bukan pesaing Anda akan mendapatkan nilai plus lainnya yang tidak di dapatkan di tempat lainnya kecuali hanya dari Anda saja.

 

Menjual Terlalu Cepat

Kita harus tahu bagaimana caranya agar closing disaat konsumen telah siap beli. Bukan ketika kinsumen masih belum siap..

 

Gagal Untuk Meyakinkan Konsumen

Jangan sampai Anda gagal meyakinkan konsumen Anda bahwa produk Andalah bagian dari solusi mereka yang harus dibeli hari itu juga.

 

Terburu-buru Meninggalkan Pembeli

Jangan tinggalkan pembeli Anda jika mereka telah membeli dari Anda minimal dapatkan data diri mereka seperti nomor telepon/ hp, whatsapp, email, alamat, dan lainnya.

Ini berfungsi untuk menawarkan produk lainnya yang berhubungan dengan produk sebelumnya dan mungkin bisa jadi mereka butuhkan. Ingat saya ketika ikut salah satu produk MLM yang dari sang leader tersebut menawarkan produk lainnya, misalnya buat kartu nama, jual buku prospek, jual buku motivasi lainnya ke pada para downline-downline nya.

Jadi dia dapat uang bukan hanya dari perusahaan melainkan dari sampingan itu. hahahaha baru sadar saya…

Nah gak kerasa sudah selesai pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda para pembaca blog saya dan pengunjung baru saya. Silahkan dikomentari yah..

Silahkan pula dishare via tombol share dibawah ini biar teman-teman lainnya tahu artikel ini dan membacanya. Jangan lupa ikut online course langsung saya kirimi via email secara GRATIS tentang trik-trik penjualan lainnya. Sudah ratusan orang yang telah ikut disana.

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+