Email Marketing

Published on Desember 19th, 2016 | by Eka Julianto Arif

9

3 Trik Otomatisasi Bisnis Internet Dengan Email Marketing

otomatisasi email marketing
Sebelum memulai lebih jauh, Anda harus mengerti apa itu otomatisasi bisnis internet?

Yang namanya otomatis berarti segala sesuatu berjalan melalui sistem yang telah dibuat dan ditanam di internet agar berjalan tanpa adanya campur tangan Anda. Sistem tersebut sudah dibuat sedemikian rupa sehingga Anda hanya memantaunya dari manapun bisa, asalkan terhubung internet. Enak bukan?

Sebetulnya otomatisasi bisnis di internet tidak akan bisa sepenuhnya bisa 100% berjalan otomatis tapi bisa Anda jadikan 90% hingga 95% yang artinya tetap akan butuh sedikit campur tangan Anda.

 

Bagaimana Proses Otomatisasi Bisnis Internet?

Anda harus mengetahui dan memahami proses terjadinya penjualan di internet yang biasa disebut Sales Funel. Dengan demikian Anda dapat memilih salah satu caranya yang kemudian Anda bisa jadikan otomatisasi bisnis Internet.

Prosesnya dari mulai Anda mendatangkan Trafik sampai mengirimkan produk Anda. Seperti gambar contoh sales funel di bawah ini.

sales funel email marketing

Funel 1

Dimulai dari Anda mendatangkan Traffic => Masuk ke Halaman penawaran Anda (Landing Page, Capture Page, Minisite) => Jika Pengunjung Tak Berminat ( tanda silang [X] ) => Beri Penawaran Harga Diskon ( Downsell ) atau beri Mereka Trial Produk => Masukkan Ke Lead Squeeze Page Agar Mereka Mengisi Data Emailnya Untuk Di kirimkan email berkala => Penjualan Akan Terjadi Nantinya.

Funel 2

Anda Mendatangkan Traffic => Masuk Ke Halaman Penawaran Anda (Landing Page, Capture Page, Minisite) => Pengunjung Tertarik Membeli + Masukan ke List Email Marketing => Kirimkan Produk Utama => Beri Produk Rekomendasi Lainnya (Rekomendasi 1) Agar Anda Mendapatkan Penghasilan Kembali => Beri Lagi Produk Rekomendasi Terbaik Lainnya (Rekomendasi 2), Untuk mendapatkan Lagi Penghasilan Anda => Arahkan Ke Halaman Fanspage Facebook (FB LIKES) => Agar Mereka Mendapatkan info Lainnya Dari Anda.

Itu sedikit bocoran alur sales funel yang harus Anda ketahui, agar lebih memahami bagian mana yang akan dijadikan otomatisasi bisnis internet Anda.

3 Faktor Utama Otomatisasi Bisnis Internet


Di grafik funel diatas tadi sebenarnya sudah di terlihat jelas bagaimana otomatisasi bisnis internet. Saya akan merangkumnya agar tidak membingungkan, disana terdapat 3 faktor utama yaitu:

 

  1. Trafik
    Untuk promosi mendatangkan trafik sudah saya tuliskan di artikel sebelumnya disini : 7 Cara Mudah Berpromosi Online.Anda bisa mendatangkan trafik dengan 3 cara yaitu: Tingkatkan SEO, Pasang Iklan di PPC ( Pay Per Click ), Pasang Banner di Web/blog Orang Lain, dan Email Marketing secara berkala baik menggunakan  Software atau akun Autoresponder ). Ini berjalan otomatis dan Anda hanya mensetting di awal saja.
  2. Penjualan
    Ketika Anda hendak melakukan promosi sudah pasti Anda harus memiliki website.

    • Salesman Website berupa Capture Page, Landing Page, dan Minisite.
    • Halaman Order Web, agar calon pembeli melakukan order secara otomatis.
    • Halaman Konfirmasi Web, yaitu dimana calon pembeli yang melakukan transfer pembelian dengan dilanjutkan melakukan Konfirmasi via Laman Konfirmasi Web yang telah Anda buat sebelumnya. Agar Anda bisa melanjutkan proses selanjutnya yaitu pengiriman Produk.
  3. Pengiriman Produk
    Untuk tahap terakhir ini tidak dijalankan secara otomatis melainkan secara Manual, yaitu ketika pembeli telah melakukan semua tahapnya Mereka akan mendapatkan Produk Digital Anda secara manual. Yaitu:

    1. Download
      Pengiriman produk ini bisa berupa memberikan Laman Download yang sudah Anda buat sebelumnya.
    2. Send By Email
      Anda bisa memberikan Link Download Produk Anda secar manual mengirim email kepada Pembeli Anda.
    3. Aktivasi
      Seperti pada nomor satu diatas berupa laman download tapi sebelumnya Anda harus melakukan klik Aktivasi di Admin web Anda agar merubah keanggotaan free member pembeli Anda menjadi Keanggotaan Pro atau berbayar yang kemudian mereka mendownload produk Anda di Laman download Anda tersebut.

Demikian paparan bagaimana otomatisasi bisnis internet Anda ketika Anda telah melakukannya sesuai dengan cara di atas sudah dipastikan Anda sudah mengotomatisai bisnis internet Anda.

Bagaimana Cara Mengotomatisasi Bisnis Internet Dengan Email Marketing?

Ada tiga hal yang harus Anda tahu agar bisnis internet Anda berjalan Otomatis via email marketing, yaitu:

  1. Dapatkan List Pengunjung Anda

    Anda harus mendapatkan list pengunjung Anda terutama Emailnya. Bagaimanakah caranya? Yaitu dengan membuat Laman Squeeze Page. Bisa Anda Baca tutorialnya disini Membuat Squeeze Page
  2. Berkomunikasi Dengan List Anda

    Ketika Anda telah mendapatkan List mereka, jangan biarkan begitu saja. Buatlah mereka akrab dengan Anda yaitu dengan memberikan informasi-informasi yang bagus. Informasi ini bukan jualan, melainkan sesuatu hal yang berhubungan dengan produk Anda ataupun tidak. Bisa jadi berupa tips, video, Free Gift, Bonus dan Newsletter.

    Beri jangka waktu dengan interval waktu, misalkan hari ini Anda mengirimkan email newsletter, besok Anda tidak mengirimkan emailnya. Lalu besoknya Anda mengirimkan email lagi. Kemudian di hari Senin Anda menjadwalkan untuk promosi produk.

    Bisa produk Anda, bisa juga produk orang lain. Fasilitas  tersebut bisa Anda dapatkan dengan system email marketing Autoresponder. Bisa Anda Baca Lengkap penjelasannya Disini Apa Sih Autoresponder?
    email autoresponder indonesia
    Untuk itu Anda Harus bisa membuat sebuah Squezze Page seperti contoh gambar dibawah ini. Baca tutorial Lengkap membuat Squeeze Page Disini: Tutorial Squeeze Page. Perbandingan Pakai Builder Dengan Coding Sendiri Untuk Membuat Squeeze Page

  3. Menghasilkan sales atau Profit
    Ujung dari semua bisnis pasti ingin menghasilkan penghasilan atau profit, betul begitu bukan?

Semua sudah dipaparkan tinggal bagaimana Anda mau melakukan tips dan trik yang saya beri di atas tadi?

Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa dishare agar semua orang tahu. Because Share Is Caring…

 

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



9 Responses to 3 Trik Otomatisasi Bisnis Internet Dengan Email Marketing

  1. ternyata butuh waktu lama juga buat mencapai semua itu

  2. ane sangat jarang sekali memanfaatkan email untuk internet marketing

  3. Pingback: 7 Kesalahan Fatal Promosi Online | Bisnis Internet

  4. Pingback: Keuntungan Dan Kerugian Strategi Soft Selling

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+