Bisnis Online

Published on Desember 4th, 2016 | by Eka Julianto Arif

0

Pelajari Bagaimana SEO Google Bekerja Sampai Situs Web Anda No. 1

Pemilik situs website banyak memiliki kendala untuk meningkatkan SEO webnya agar menjadi nomor 1 di index pencarian google. Bagi yang sudah master di bidang SEO dan yang berpengalaman di blog/web pasti sudah mengerti caranya agar menjadi nomor 1 di mesin pencari google.

Dengan trik SEO pasti bisa, kata mereka. Awal Anda belajar seo google seperti belajar menulis Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Namun kalau sudah terbiasa, maka menerapkan ilmu seo google seperti meminum vitamin untuk kesehatan tubuh. Itu kata mereka..

Ini gambaran alur bagaimana caranya order bisa meningkat hanya gara-gara tampil di halaman pertama Google :

Alur singkatnya sebagai berikut :

Riset kata kunci

Riset kata kunci Anda Google Keyword Planner, menurut Darmanto.com yaitu  alat yang disediakan oleh google yang sebenarnya disediakan untuk mereka yang mau pasang Google adwords agar dalam memasang adwords lebih tepat sasaran dalam mendatangkan pengunjung ke situs/website. Namun alat ini ternyata bisa kita manfaatkan dalam merencanakan pemilihan judul,deskripsi dan keyword yang tepat bila kita hendak membuat blog/website.

Selain itu gunakan 5 Tools ini untuk Riset Keyword atau kata kunci:

  1. Keywordtool.io ialah tools yang digunakan untuk mencari keyword turunan dari keyword pertama di mesin pencari google. Seperti contoh saya mencari kata kunci sepatu roda, maka akan muncul otomatis dibawah nya, sepatu roda dewasa, sepatu roda murah, sepatu roda anak kecil, dll seperti gambar dibawah ini:keyword
    Bisa anda gunakan tools http://keywordtool.io/  untuk mendapatkan kata kunci turunannya lebih banyak lagi, setelah saya gunakan muncul 330 keyword unik. Silahkan mencobanya dan copy kemudian pastekan ke notepad. Kemudian anda bisa mempastekan ke Google Keyword Planer untuk melihat volume pencarian tiap keyword tersebut.
  2. Gunakan SEMrush, yaitu tools untuk mengintip keyword website orang lain. Bisa Anda langsung kunjungi webnya disini : https://www.semrush.com/
  3. Software LongtailPro, yaitu software tools mencari keyword yang volume pencarian tinggi dan persaingan rendah. Karena blog kita masih baru pasti akan sulit bersaing dengan keyword yang persaingannya ketat. Bisa anda langsung cek TKP, https://longtailpro.com/ tetapi akses tools ini berbayar.
  4. Term Exploler, yaitu tools berbasis web untuk mencari keyword dan melakukan analisa persaingan keywordnya sekaligus. Hampir mirip dengan LongtailPro tadi dan sama berbayar juga. Bisa Anda akses disini https://termexplorer.com/
  5. MozBar, yaitu tools berbasis browser untuk Chrome dan Mozila Fire Fox. Enaknya gratis tetapi anda harus mencari keywordnya satu persatu secara manual di google. Coba saja di sini : https://moz.com/products/pro/seo-toolbar
  6. SeoQuake, yaitu tools berbasis browser ini hampir sama fungsinya seperti Mozbar, langsung saja Anda akses dan instal di browser anda nantinya, cek disini https://www.seoquake.com/index.html

 

Membuat Meta Tags

Meta Tags adalah sebuah Tag yang dapat anda tambahkan ke dalam situs anda untuk memberitahu robot mesin pencari dan aplikasi web lain apa isi dalam halaman tertentu dan informasi lainnya. Mereka memberikan halaman judul , deskripsi dan kata kunci web anda yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan peringkat mesin pencari dan meningkatkan lalu lintas ke halaman tersebut.

Bisa Anda buat meta tags secara online disini http://www.addme.com/meta.htm

Pesan Domain SEO Friendly

Domain yang SEO friendly ialah nama domain yang bersahabat dengan mesin pencari google. Jenis-jenis domain yang SEO Friendly adalah karakteristiknya sebagai berikut menurut webdesainid.net yaitu:

1. Exact Match Domain (EMD)
EMD merupakan nama domain yang di dalamnya terdapat satu atau dua kata yang berkaitan dengan kata kunci yang kita terget untuk dapat berada di halaman satu mesin pencarian Google. Nama domainnya dibuat sama persis dengan kata kunci yang Anda bidik. Misalnya : JualDomain.com, Jual TasBranded.com, JualTasKulit.com atau PropertyMurah.com.

2. Keyword On Domain (KOD)
Yaitu nama domain yang mengandung kata kunci tertentu. Terdapat keyword di dalam nama domainnya. Misalnya : KebunBunga.com atau IndahSouvenir.com.

3. Branded Domain
Adalah nama domain yang berdiri sendiri, dengan keunikannya sendiri. Biasanya menggunakan nama perseorangan atau merek. Misalnya : Jokowi.com, Saptuari.com atau Cocacola.com.

Untuk kriteria Nama domain yang SEO friendly yaitu:

  • Mudah Diingat, mudah dieja dan diketik juga tidak terlalu panjang.
  • Domain harus TLD ( Top Leve Domain ) seperti .com, .net, .org, dan lainnya
  • Keyword-Rich-Domain, atau terdapat kata keyword dalam domain. Karena dengan memiliki domain yang masih relevant dengan kata kunci akan sangat berguna untuk SEO. Mempunyai keyword bidikan di dalam nama domain, dapat memiliki dampak positif terhadap peringkat di search engine.

Buat Website SEO friendly

Web SEO Friendly harus dibuat agar bisa berada di tempat nomor satu di pencarian google. Biasanya web SEO Friendly berbentuk Blog bukan web statis, walaupun memiliki webstatis tapi harus memiliki blog.

Tipe pencarian seperti ini disebut pencarian jenis keyword transactional. Ini menurut panduanim.com, bisa anda baca blognya http://panduanim.com/search-intent/

Agar terupdate informasi terbarunya dan mengundang ke web statis utama Anda. 6 cara agar memiliki website yang SEO friendly yaitu:

  1. Gunakan konten yang berkualitas
  2. Artikel padat dengan kata kunci yang berkualitas, bukan hanya kata kunci melainkan isi konten harus bermanfaat bagi pembaca
  3. Artikel minimal 500 kat atau lebih, lebih bagus 1000 kata
  4. Memiliki tag header yang banyak di cari
  5. Gunakan fitur sitemaps akan memberikan indeks yang jauh lebih baik pada mesin pencari
  6. Desain web harus mobile responsive, untuk mengeceknya dengan menggunakan tombol CTRL + Shift + M secara bersamaan. Lihatlah apakah web anda responsive atau tidak.

Google Index Meningkat

Untuk blog atau web yang baru di buat biasanya belum langsung terindex oleh google. Dengan trik SEO google akan cepat mengindex web anda.

 

Tampil Halaman Pertama Google 

Selanjutnya yaitu web Anda akan berada pada halaman pertama di pencarian google.

 

Pengunjung By Keyword Meningkat

Ketika halaman web anda berada di halaman pertama google, secara otomatis pengunjung yang sesuai keyword Anda akan meningkat ke webseite anda.

 

Penjualan Meningkat

Dengan begitu penjualan Anda akan meningkat karena semakin banyak yang menghubungi Anda diseluruh penjuru dunia.

Untuk lebih jelasnya Bisa Anda Simak Video Google dengan Authornya Matt Cutts dibawah ini:

Lihat Juga Bagaimana Google Data Center Bekerja

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+