Tips Bisnis

Published on Desember 3rd, 2016 | by Eka Julianto Arif

2

Bagaimana Menjadi Seorang Yang Kreatif Bagi Pebisnis Internet

Kreativitas bukanlah hanya untuk artis-artis saja. Ia menjadi sebagai batu loncatan untuk kesuksesan seseorang dalam segala bidang. Mereka yang tahu bagaimana menggunakan fikiran kreatif dalam menyelesaikan sesuatu masalah akan menjadi seorang yang paling cemerlang dalam karier, membina banyak bisnis yang menguntungkan dan sukses menarik banyak kawan-kawan yang bijak pandai.

Setiap orang mempunyai daya kreativitas yang tersendiri. Malangnya, mereka tidak belajar bagaimana cara untuk menggunakannya. Daya kreativitasas tersebut tersimpan didalam fikiran mereka, tidak digunakan setiap hari. Artikel ini membongkar rahasia bagaimana untuk menjadi seorang yang kreatif dan sukses!

Kebijaksanaan : Bagaimana Menggunakannya

 “OH iya, kenapa aku tidak terfikir seperti itu?”

Bukankah itu yang selalu anda katakan apabila seseorang telah mendapat jawaban kepada masalah yang agak rumit?

Apabila masalah seperti tidak bisa diselesaikan seperti orang pada umum, tetapi orang kreatif tidak akan ragu-ragu untuk memikirkan dengan cara pendekatan yang berbeda.

sumber gambar http://www.mrlincolnandfriends.org/the-officers/ulysses-grant/

sumber gambar http://www.mrlincolnandfriends.org/the-officers/ulysses-grant/

 

Contohnya ialah Ulyssess S. Grant. Abraham Lincoln, presiden USA suka bercerita tentang Grant, semasa zaman kanak-kanaknya suka menggunakan akalnya untuk mengalahkan anak lembu yang tidak suka ditunggani siapapun.

Anak lembu tersebut sangat keras kepala sehingga ia telah dibeli oleh seorang pemain sirkus, yang menawarkan uang kepada siapa saja yang berhasil menungganginya pada waktu yang ditetapkan.

Grant melihat beberapa anak muda yang lebih tua daripadanya dilempar keatas tanah oleh anak lembu tersebut apabila mereka mencoba menunggangnya. Dia mencoba menaiki badan anak lembu itu dan berhasil bertahan beberapa waktu tetapi akhirnya terjatuh juga.

Kemudian, beliau menggunakan kebijaksaannya. Selepas mendapat izin untuk mencoba lagi, kali ini beliau akan menyelesaikan masalah ini daripada sudut yang lain.

Daripada menunggung seperti biasa, dia melompat keatas badan lembu itu dengan terbalik, yaitu memandang kearah ekor dan bukannya kepala. Budak itu mencengkram perut anak lembu itu dengan kakinya dan memegang ekor lembu tersebut dengan kedua tangannya.

Walau bagaimana pun caranya, lembu itu mengoncang dan menghentak, ia tetap tidak dapat menjatuhkan budak itu. Anak lembu itu berhasil dikalahkan dan Ulysses S. Grant dan memenangi hadiah.

Setelah besar, Grant memasuki tentara dan mengetuai batalyon serta memenangi perang saudara.

Dari pengalaman Grant ini kita telah mendapatkan dua nasehat penting tentang kreativitas:

  1. Mencari jawaban yang pelik untuk satu masalah yang rumit.
  2. Mencetuskan konsep baru.

 

Lengkapilah diri anda dengan kreativitas

Keyakinan adalah satu kunci kearah kreativitas.

Apabila anda tahu bahwa terdapat satu cara untuk menyelesaikan masalah (walaupun  anda belum tahu caranya) anda mendapatkan semangat untuk mencari jawabannya.

Seseorang yang senantiasa memberikan ide-ide politik bukanlah lebih kreatif daripada kita semua. Mereka sebenarnya mempunyai keyakinan yang lebih banyak. Bagaimana anda bisa mempunyai keyakinan seperti itu? Dengan mengetahui bahwa:

Terdapat penyelesaian bagi setiap masalah dan ide bagi setiap perkara”

Jika berkeyakinan adalah prinsip yang pertama, yang keduanya ialah fikiran-fikiran yang bebas.

Pencipta telepon, Alexander Graham Bell berkata:

Jangan selalu menggunakan jalan umum, pergilah dimana orang lain belum pernah pergi. Pergi ke suatu tempat yang anda tidak pernah pergi. Anda pasti akan berjumpa dengan sesuatu yang tidak pernah anda lihat sebelum ini. Satu penemuan akan membawa anda ke satu penemuan yang lain, dan tanpa anda sadari anda mempunyai sesuatu yang bagus untuk difikirkan. Semua penemuan yang penting adalah berasal daripada pemikiran.”

Fikiran yang bebas tidak terbelenggu dengan cara yang biasa dilakukan.

Walau apapun juga orang lain berkata, beliau tahu terdapat jawaban bagi setiap masalah dan ide bagi setiap perkara, dan dia tidak takut untuk mencoba berbagai bentuk kemungkinan.

 

Menyelesaikan Masalah Dengan Kreativitas

Terdapat satu cara untuk meningkatkan kreativitas anda dalam menyelesaikan apa pun juga masalah yang sukar dan sulit. Mulailah dengan mengetahui rahasia ini, yaitu:

Apabila satu masalah itu tidak bisa diselesaikan dengan cara konvensional, biasanya itu adalah karena tiada rantai kaitan (missing link).”

Masalah Grant yang tidak dapat bertahan lama diatas anak lembu tadi pada mulanya karena tidak adanya tempat untuk berpegang. Itulah yang dikatakan tiada rantai kaitan.

Oleh karena itu inilah langkah pertama yang perlu diambil untuk mencari penyelesaian kepada masalah sulit diselesaikan ialah dengan menentukan apakah itu rantai kaitan yang tidak ada.

Objektif anda adalah untuk mencari satu perkara, jika disana terdapat cara untuk menyelesaikan masalah. Jangan bimbang, jika pada mulanya anda dapat mengadakan kaitan tersebut atau tidak. Hanya cari saja, apakah ada kaitannya atau tidak ada.

Pada tahun 1930M, Aramco, perusahaan kerjasama Arab-American Oil Company memerlukan satu kendaraan yang dapat berjalan diatas padang pasir.

Masalahnya ialah pasir tersebut yang menyebabkan ban kendaraan tenggelam dan tidak bergerak. Oleh karena tidak ada kajian yang dapat menyelesaikan masalah ini.

Mekanik  Aramco, Richard Kerr tidak mempunyai data tehnik untuk membuat bentuk ban yang dapat mencengkram di atas padang pasir. Jadi, perkara pertama ialah mencari kaitan yang tiada (missing link) yaitu kurangnya data kejurutehnikan.

Langkah kedua ialah mencari jalan untuk mendapatkan data yang sesuai.

Ujicoba adalah satu caranya tetapi ia mengambil waktu yang agak lama. Sedang beliau mencari ide untuk menyelesaikannya dengan cepat, satu cara ialah dengan meniru unta, karena unta tidak mempunyai masalah ketika berjalan diatas padang pasir. Walaupun berat dan besar, unta tidak mudah untuk tenggelam dan jatuh dipadang pasir.

Walaupun ide itu agak gila, cengkraman yang digunakan oleh unta pastinya bisa digunakan oleh kendaraan.

Dia mengukur luas kawasan lebar kaki unta tersebut dan mengambil berat unta. Ini memberikan beliau data kejurutehnikan untuk menentukan bentuk dan tekanan roda yang diperlukan dipadang pasir.

Akhirnya beliau sukses menciptakan ban yang sesuai yang bisa digunakan di padang pasir. Ban yang diciptakan itu masih digunakan sampai hari ini dipadang pasir oleh kendaraan-kendaraan komersial.

Teknik Missing Link adalah satu perkara penting yang perlu anda ketahui untuk menyelesaikan apapun juga masalah yang timbul nantinya. Ia meningkatkan daya kreativitas anda  dalam mencari penyelesaian yang mungkin tidak pernah anda fikirkan sebelum ini.

 

Bagaimana Mendapat Ide Kreatif

Kita sudah membicarakan dalam menggunakan kreativitas untuk menyelesaikan masalah. Sekarang bagaimana menggunakannya untuk mendapat ide, yang dapat memberi banyak peluang kepada kita.

Kebanyakan penemuan terulung didunia ini dijumpai dengan tidak sengaja.

Isaac Newton misalnya, ia terkejut ketika sebiji apel terjatuh keatas kepalanya, dimana kemudiannya menyebabkan beliau menemui teori gravitasi.

William H. Mason juga sedang mencoba untuk mencari cara untuk memanfaatkan tahi gergaji bekas sisa gergaji kayu balok. Selepas mengunjungi kawasan pembalokan, dia melihat banyak kayu yang dibuang.

Dia mengambil semua kayu-kayu kecil dan disatukan untuk menjadi sekeping papan yang apabila diberi tekanan tinggi dapat memberikan satu panel kuat, seperti yang kita dapati hari ini yaitu plywood.

plywood-800

Adalah sesuatu yang biasa ditemukan dengan cara yang tidak disengaja, dan ide yang asalnya dilupakan kemudian meneruskan proyek baru yang lebih menguntungkan.

Ini memberikan satu penemuan kepada kita yaitu ide baru tidak pernah asli.

Ia adalah gabungan dan rombakan daripada ide yang lain.

Bill Gates tidak mencipta komputer seperti Steve Jobs (komputer Apple), tetapi membuat software untuk apple dan kemudian melihat peluangnya lebih cerah jika software itu bisa digunakan oleh semua jenis komputer.

Kini Windows ciptaan beliau digunakan oleh hampir semua komputer didunia ini.

microsoft-windows-logo-history

Oleh karena itu mengapa anda perlu bersusah payah mencipta ide baru, sedangkan ide yang anda perlukan sudah ada dalam keadaan yang berbeda?

Fikirkan kemungkinan yang ada.

Jangan tunggu sampai anda mendapat inspirasi untuk mendapat ide kreatif, padahal anda bisa mencoba ide yang sebelumnya yang telah ada, rombaklah supaya menjadi satu keperluan yang anda inginkan dan orang inginkan.

 

Fikiran bawah-sadar (subconscious) :Memberikan anda ide dan penyelesaian

Adalah sangat penting untuk diingat bahwa terdapat jawaban bagi setiap masalah dan ide bagi setiap keperluan. Mungkin anda tidak sadar, bahwa ide dan jawaban itu mungkin sudah disimpan dalam fikiran anda.

Para saintis telah membuat kajian dan mendapati terdapat 15 trilliun data telah disimpan dalam fikiran-fikiran anda sepanjang hidup.

Jika trilliunan data terdapat disini, berapa billion datakah yang bisa diwujudkan dengan kombinasi dari data-data tersebut. Dengan potensi ini, kemungkinan terdapat jawaban adalah sangat tinggi.

Itu berita baiknya. Berita tidak baiknya ialah 90 persen dari informasi itu tersimpan dalam fikiran bawah-sadar (indra ke enam) anda, tidak ada cara yang mudah untuk membukanya.

Ia keluar apabila ia mau dan tidak keluar pada waktu anda sedang sadar dan membutuhkannya.

Jadi apa yang perlu anda lakukan untuk mengambil data – data ini ialah dengan tidur!

Banyak ide penting dan penemuan telah dibuat selepas anda tidur nyenyak. Anda seharusnya tahu bahwa ia datangnya daripada fikiran bawah-sadar anda.

Bagaimana ia caranya adalah seperti berikut:

  • Sewaktu anda sedang sadar dan berusaha untuk mencari jawaban terhadap masalah anda, fikiran bawah-sadar anda juga sadar akan apa yang anda sedang cari.
  • Fikiran bawah-sadar anda tidak pernah beristirahat, walaupun anda sedang tidur. Ia senantiasa memilih data-data yang tersimpan didalamnya.
  • Menit, jam atau hari setelah anda berhenti daripada memikirkan masalah tersebut, fikiran bawah-sadar anda akan memberikan jawaban sepintas kepada anda, Anda tiba-tiba mendapat ide baru, atau jawaban kepada masalah yang rumit sewaktu anda sedang mendapatkan perkara lain.

Contohnya Sir Walter Scott mendapat ide baru apabila baru saja bangun dari tidur.

Einstein dilaporkan mendapat ide terbaiknya sewaktu sedang mencukur jenggotnya.

Thomas Edison pula setelah mencoba beberapa kali percobaan, akan berhenti selama 24 jam dan pada waktu itu beliau akan menemui ide-ide baru.

Mozart juga dikabarkan mendapat ide lagunya ketika sedang berdengkur. Apabila bangun, beliau akan menulis nota lagu tersebut yang beliau dapat sewaktu tidurnya.

Jangan salah sangka, satu perkara yang perlu diperhatian adalah:

Semua orang tersebut diatas adalah mereka yang sangat pakar dalam bidang masing-masing.

Mereka tidak menjadi genius dari ide yang datang sewaktu sedang tidur. Fikiran bawah-sadar hanya memilih informasi yang telah disimpan beberapa tahun dan melaporkan data tersebut seperti yang anda mau.

Oleh karena itu, informasi berharga yang anda peroleh ini perlu anda lakukannya sendiri. Tanpa tehnik-tehnik ini mungkin ide-ide kreatif anda akan tersimpan begitu saja.

 

Sekian, semoga bermanfaat…

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet

Tags: , , ,


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



2 Responses to Bagaimana Menjadi Seorang Yang Kreatif Bagi Pebisnis Internet

  1. untuk menjadi kreatif terkadang itu susah kalau kita tidak punya banyak pengalaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+