Newbie Start here Keuntungan Dan Kerugian Soft Selling

Published on Agustus 14th, 2017 | by Eka Julianto Arif

4

Keuntungan Dan Kerugian Strategi Soft Selling

Dalam melakukan strategi penjualan di bisnis internet terdapat empat istilah penting yang harus Anda ketahui, yaitu Soft Selling, Hard Selling, Hint Selling dan Covert Selling. Kesemuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kesemuanya akan saya jelaskan satu persatu.Untuk artikel ini saya akan menyinggung tentang Soft Selling. Seorang pebisnis internet yang menggunakan strategi soft selling ini rata-rata lebih mengedepankan penjualan secara halus. Tanpa adanya paksaan dan memberikan waktu pada prospek untuk memikirkan terlebih dahulu.

Kekuatan utamanya yaitu menunjukkan keuntungan terbesar jika prospek membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Manfaat Dari Soft Selling

Menurut buku Digital Marketing In Action adalah sebagai berikut.

Mendapatkan kepercayaan Dari Konsumen Anda

Soft Selling sering melibatkan promosi seperti jaminan uang kembali atau coba gratis sekarang. Sehingga konsumen Anda dapat merasakan terlebih dahulu produknya dan merasa yakin sebelum melakukan pembelian. Dengan begitu Anda akan mendapat kepercayaan dari konsumen Anda.

Membantu Membangun Reputasi Anda

Membangun reputasi baik adalah hal yang harus dilakukan dan amat sangat penting untuk Anda. Dengan menerapkan soft selling membuat konsumen Anda nyaman untuk berbisnis dengan Anda. Dan hal ini membuat orang menceritakan hal-hal baik tentang pelayanan Anda.

 

Kerugian Dari Soft Selling

Sedangkan Kerugiannya yaitu sebagai berikut:

Tidak Cukup Untuk Meyakinkan Konsumen

Beberapa orang mungkin tidak akan cukup hanya dilakukan dengan strategi Soft Selling. Karena dengan strategi ini konsumen tidak merasa perlu dan terdesak untuk membeli produk dan layanan Anda segera.

Anda Mungkin Akan Kalah Bersaing

Jika kompetitor atau pesaing Anda menerapkan strategi Hard selling, mungkin saja konsumen Anda akan membeli dari kompetitor Anda karena mereka mungkin lebih agresif dalam menerapkan strategi Hard Sellingnya.

 

Struktur strategi dari soft selling

Sebenarnya strategi dari soft selling hampir mirip dengan Hard Selling namun lebih ke point yang tanpa memasukkan unsur tergesa-gesa. Point tersebut adalah sebagai berikut:

Headline

Headline yaitu judul halaman penawaran Anda.
Keuntungan Dan Kerugian Soft SellingBenefit

Benefit yaitu keuntungan apa saja yang akan konsumen dapatkan dari Anda jika mereka membeli produk Anda nantinya. Contohnya seperti screenshoot dibawah ini:
Keuntungan Dan Kerugian Soft Selling

Testimonial

Testimonial yaitu kesaksian dari pelanggan Anda yang telah membeli produk Anda. Ini amat sangatlah penting bagi kepercayaan publik yang akan membeli produk Anda. Dan ini menjadikan nilai plus bagi halaman penawaran Anda nantinya.

contohnya seperti screenshoot dibawah ini:
Keuntungan Dan Kerugian Soft Selling

Call To Action

Call To Action atau bisa disingkat CTA yaitu Instruksi yang Anda berikan kepada pengunjung untuk segera melakukan pembelian. Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya bagaimana membuat CTA yang efektif bagi halaman penawaran Anda. Baca disini 7 Teknik Jadikan CTA Anda Lebih Efektif

contohnya seperti screenshoot dibawah ini:
Bagaimana Cara Mengarahkan Traffic Menjadi Mesin Uang Anda

Seperti itulah beberapa penjelasan dan contoh struktur dalam menerapkan strategi soft selling bagi halaman penawaran Anda. Anda juga bisa mempraktekannya pada penawaran yang dilakukan di dalam email marketing.

Jika Anda belum tahu bagaimana cara menerapkan email marketing bisa Anda baca di artikel saya yang ini

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Email Marketing 

Pentingkah Email Marketing? 

3 Trik Otomatisasi Bisnis Internet Dengan Email Marketing

Nah silahkan dipraktekan lebih lanjut pada bisnis internet Anda semua. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa di share via tombol share di bawah ini agar teman Anda tahu artikel ini dan kita belajar bersama via blog ini.

Silahkan berikan komentar jika ada pertanyaan lebih lanjut, kontribusi Anda amat sangat saya inginkan dan saya butuhkan untuk membantu Anda.

 

Ingin Belajar Bisnis Internet Dengan Mudah & Murah

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di ratusan member yang telah tergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet

Tags: , , , , , , , , , , , ,


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



4 Responses to Keuntungan Dan Kerugian Strategi Soft Selling

  1. Lisa Nel says:

    Dampak kerugian dan keuntungan seimbang sehingga banyak pembisnis yang menggunakannya, ya mas?

  2. Pingback: Langkah Praktis Strategi Hard Selling

  3. Pingback: Apa Itu Hint Selling Dan Covert Selling?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips Gratis Cara Berbisnis Internet Dengan BenarAkses Sekarang
+