Blogging Tips Cara Memulai Membuat Blog Pertama Anda

Published on Juli 27th, 2019 | by Eka Julianto Arif

0

Cara Memulai Membuat Blog Pertama Anda

Punya blog penting sekali bagi bisnis Anda, blog itu bagaikan jurnal pribadi yang terus menerus Anda update. Kenapa harus terus update?

Karena dengan terus update, Anda akan dikenal sebagai ahli di bidang yang Anda kuasai. Yang telah Anda update dalam bentuk blog.

Maka dari itu penting sekali untuk Anda memiliki blog sebagai Personal Branding baik bagi diri sendiri maupun bagi produk yang akan Anda jual nantinya.

Tergantung target Anda ngeblog itu untuk apa?

Penting sekali memiliki blog yang satu niche (tema) bukan blog yang gado-gado apalagi jarang update. (kayak saya sering aja heheh (maklum lagi banyak kesibukan gan)).

Nah terus gimana cara buat blog pertama Anda sampai berdiri juga merawatnya?

Simak terus artikel ini dan jangan lupa subscribe email Anda agarsaya terus berikan info yang bermanfaat lagnsung ke email Anda dari saya langsung.

Apakah Artikel Ini Bermanfaat?

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di Ribuan Member Yang Telah Bergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet

Setelah Anda telah mengenal dan kenalan dengan Blog, selanjutnya yaitu Mulai Membuat Blog Pertama Anda.

Kita mulai dengan blog di blogger saja yah. Selain mudah, user friendly dan gampang gak mesti ngurusin hosting.

Sebenarnya kita tidak diharuskan membuat blog di blogger.com, bebas saja anda mau membuatnya di WordPress.com, wordpress.org, blogsome.com, blogdrives.com, typepad.com, movabletype.com, dan yang lainnya. Mungkin di artikel lainnya saya akan membahasnya.

Dari sekian banyak pilihan membuat blog, mengapa saya harus memilih di blogger.com?
Ada 4 kelebihan yang bisa di dapat disana, yaitu:

  1. Mudah di gunakan bagi pemula.
  2. Bisa di ganti tampilan nya.
  3. Bisa custom domain atau domain mapping, yaitu dengan mengubah alamat blogspot anda dengan alamat domain sendiri. Misalnya ekagoblog.blogspot.com menjadi ekagoblog.com.
  4. Tidak memikirkan urusan hosting, domain = alamat rumah, hosting = tanah dan ruangan rumah. Untuk blogger sudah pasti berada di hosting google. Jadi anda bisa gratis menggunakannya. Hanya beli domain saja. Enak bukan…

Buat akun gmail

Karena blogger termasuk salah satu platform layanan google, jadi anda diharuskan memiliki akun email dari gmail. Buatlah terlebih dahulu di gmail.com.

Kalau Anda gak tahu cara buat akun gmail, ikuti langkah dibawah ini.

Isikan nama Depan dan Nama Belakang Anda, kemudian isikan nama pengguna yang akan dijadikan alamat email Anda. Untuk nama pengguna akan diberitahukan alternative pengguna oleh google secara otomatis, bisa jadi nama pengguna Anda sudah di gunakan oleh orang lain.

Setelah itu isikan kata sandi juga konfirmasi ulang kata sandi Anda pada kolom Konfirmasi. Jika sudah selesai klik tombol Berikutnya .
Isikan nomor handphone Anda untuk verifikasi nomor di akun Anda nantinya. Kemudian klik Berikutnya. Lihat gambar di bawah ini:

Isikan kode Verifikasi Google ke nomer yang Anda daftarkan tadi. Verifikasi berisi 6 digit yang akan masuk via sms. Dan klik Verifikasi.

Isikan data pribadi Anda, seperti kolom

  1. Nomor Telpon, ini akan otomatis terisi ketika Anda mengkonfirmasi nomor telpon Anda sebelumnya pada point 1.
  2. Email pemulihan, ini hanya opsional jika terjadi error ketika login, maka email pemulihan akan otomatis ke email Anda lainnya memberitahukannya pada point 2.
  3. Isikan tanggal lahir, tanggal (point 3), bulan (point 4), dan tahun (point 5).
  4. Pilih jenis kelamin Anda (point 6)
  5. Klik tombol Berikutnya jika sudah selesai mengisinya. Lihat gambar di bawah ini.

Klik lewati saja jika sudah verifikasi smsnya.

Pada Privasi dan Persyaratan, Anda tinggal Klik saya Setuju

Selamat akun gmail Anda telah dibuat, untuk selanjutnya kita akan belajar bersama bagaimana membuat blog di blogger.

Buat Akun Blogger

Setelah membuat akun gmail, Silahkan Login ke blogger.com

klik tombol CREATE YOUR BLOG. Anda akan langsung diarahkan kea kun gmail yang telah Anda daftarkan tadi. Langsung masukan kata sandi email gmail Anda.

Isi Nama Tampilan blogger Anda untuk profil Blogger Anda nantinya. Isikan sesuai tema blog Anda, atau bisa dengan Nama Anda sendiri.

Jika sudah, selanjutnya Anda klik tombol Buat Blog Baru

Kemudian isi form seperti yang tertera di gambar dibawah ini, tapi untuk bagian Alamat, anda diharuskan memiliki alamat blog yang belum dimiliki orang lain, sampai tertulis Alamat blog ini tersedia. Kemudian pilih template. Dan klik Buat blog!

Blog anda selesai dibuat, mudah bukan?

Cara Posting Artikel Pertama Anda

Untuk langkah selanjutnya anda ingin memposting untuk pertama kalinya, klik tombol/button pensilnya dan untuk melihat blognya lihat klik Lihat blog

Misalnya anda ingin memposting artikel, Tuliskan Judul Artikelnya yang ada diatas disamping tulisan Entri. Kemudian Isi Artikel anda.

Ada 4 button/tombol, yaituPublikasikan, yaitu untuk mempublikasikan artikel postingan anda ke blog anda.

  • Simpan, yaitu menyimpan hasil artikel anda dalam bentuk draft, yang tidak akan ditampilkan di blog anda.
  • Pratinjau, yaitu untuk melihat hasil sementara sebelum di publikasikan ke blog anda. Ada baiknya sebelum mempublikasikan artikel anda, anda lihat pratinjau dahulu.
  • Tutup, yaitu untuk menutup laman Entri artikel.

Untuk Setelan Entri yang ada di sebelah kanan anda bisa isikan, disana juga terdapat 6 bagian, yaitu

  • Label, yaitu untuk memberikan kategori artikel anda, seperti artikel bisnis, catatan harian, tutorial, dan lainnya.
  • Jadwal, yaitu untuk menyetel jadwal publikasi postingan anda, mau otomatis atau bisa di setel, misalnya anda menyetel tanggal 23 Januari 2019 jam 12.30. Maka pada waktu yang tersebut tadi artikel postingan anda akan terpublikasi sesuai jadwal.
  • Link, yaitu untuk menyetel alamat web anda, mau tautan permanen otomatis atau permanen khusus. kalau saya jarang menyetelnya biarkan otomatis saja.
  • Lokasi, yaitu untuk melihat lokasi anda memposting artikel, apakah di indonesia, papua, amerika, dan lainnya. Saya juga tidak pernah mengisinya. hehehe
  • Deskripsi Penelusuran, yaitu Deskripsi singkat dari isi keseluruhan artikel anda, agar bisa terindeks oleh mesin penelusur, seperti google, yahoo, dan lainnya.
  • Pilihan, yaitu untuk pengaturan komentar pembaca, tautan balik, mode tulis dan baris baru.
  • Tutup, yaitu untuk menutup laman Entri artikel.

Alhamdulillah selesai semuanya sekarang Anda sudah tahu kan bagaimana cara membuat blog dan posting perdana Anda.

Langsung praktek yah biar gak lupa dan jangan lupa di bookmark blog saya serta subscribe email Anda biar saya langsung infokan hal menarik juga tutorial lainnya ke email Anda.

Jika Anda gak mau ribet bikin blog sendiri saya juga buka jasa pembuatan blog, website, landing page, toko online untuk kebutuhan bisnis online Anda lainnya. Cek disini

Apakah Artikel Ini Bermanfaat?

Daftarkan Diri Anda Secara GRATIS Di Ribuan Member Yang Telah Bergabung + GRATIS puluhan ebook bisnis & Tools bisnis internet

Tags: , , , , , , , ,


About the Author

Selamat datang di BisnisEka.com Portal sharing dan belajar bisnis internet dan Internet marketing. Tips dan trik bisnis yang akan membantu profit bisnis anda lebih naik lagi



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Top ↑

Bingung Mau Mulai Dari Mana?

Dapatkan Ilmu tentang Penjualan, Pemasaran, dan Pengembangan Bisnis dengan mengisi data di bawah ini Secara GRATIS bersama ribuan member yang telah tergabung.

Bingung Mulai Dari Mana? dapatkan Tips " Prinsip Penting" Memulai Bisnis Dari RumahAkses Sekarang
+